Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berkomitmen untuk mengedepankan bidang pertanian selain pariwisata sebagai salah satu program unggulan di Singkawang, Kalimantan Barat.

"Selaku kepala daerah, saya sangat konsisten sekali terhadap peningkatan hasil panen padi yang melimpah. Makanya bidang pertanian akan menjadi salah sau program unggulan yang kita lakukan selain sektor pariwisata," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Sabtu.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan berbagai terobosan di bidang pertanian dengan melibatkan pihak lain, sehingga dia berharap, satu hektare lahan pertanian di Singkawang bisa menghasilkan sebanyak 6 ton gabah.

"Dengan demikian capaian hasil panen tersebut, akan sesuai dengan slogan Pemkot Singkawang yakni petani makmur rakyat sejahtera," tuturnya.

Dia meminta camat dan lurah, bilamana mendapati lahan kosong milik warga yang dibiarkan tidak ditanami, sebaiknya dibicarakan untuk dipinjam, dikelola dan ditanami dengan padi.

"Karena itu berbagai macam cara kita lakukan untuk peningkatan hasil produksi pertanian," katanya.

Sementara kepada penyuluh pertanian diharapkan bisa bersama-sama petani untuk dapat melakukan upaya antisipasi gangguan tanaman baik dalam menghadapi musim penghujan maupun kemarau.

"Jadi meskipun musim kemarau, saya minta lahan pertanian jangan sampai kering dan upayakan agar air bisa terus mengalir ke lahan pertanian," pintanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019