Kesatuan gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tingkat Kabupaten merupakan momentum yang memiliki makna dan peran strategis khususnya dalam menjadikan keluarga-keluarga di Kabupaten Kayong Utara sebagi unit terkecil dari masyarakat dan juga sebagai tempat dimulainya revolusi mental, karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter.

Hal ini diutarakan Wakil Bupati Kayong Utara H. Effendi Ahmad, membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi PKK KKBPK dan Kesehatan Kabupaten Kayong Utara di Gedung Balai Nirmala Sukadana, Selasa (22/10).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh TP. PKK Kabupaten Kayong Utara tersebut juga dihadiri oleh Pabung Kodim Ketapang, Wakapolres Kayong Utara, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kayong Utara serta diikuti oleh Para Tenaga Medis Kayong Utara, TP. PKK Kecamatan dan TP. PKK Desa Se Kabupaten Kayong Utara.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kayong Utara menyambut baik serta ucapkan terikasih kepada penyelenggara kegiatan atas dilaksanakannya kegiatan Rakor PKK KKBPK Kesehatan di Kayong Utara.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan Rakor PKK KKBPK pada hari ini, untuk itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pengelola dan pelaksana program kesehatan dan keluarga berencana baik PKK, PLKB dan para tenaga medis yang bertugas diberbagai tingkatan wilayah hingga tingkat desa atas kerja keras dan dukungannya selama ini sehingga pengelolaan program keluarga berencan di Kayong Utara dapat terlaksana dengan baik," Ucap Wabup.

Terkait dengan hal ini, Wabup juga berharap melaui kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan bisa meningkatkan peran serta pria dalam rangka memberikan keadilan dan kesetaraan gender yang terdapat dilingkungan masyarakat maupun keluarga sendiri.

"Melalui kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan ini, saya berharap dapat meningkatkan peran serta pria dalam rangka memberikan keadilan dan kesetaraan gender dilingkungan masyarakat serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga sendiri dalam mendapatkan pelayanan KB dan Kesehatan yang sesuai dengan prioritas masalah yang ada," Harapnya.

Selanjutnya, Ketua TP. PKK Kabupaten Kayong Utara Julianti menyampaikan bahwa kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dan merupakan kesinambungan kegiatan bhakti sosial TNI KB Kesehatan dan Bhayangkara KB Kesehatan yang baru dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, dan kami memiliki tujuan yang sama yaitu menjalankan program KB dan Kesehatan masyarakat Kabupaten Kayong Utara.

Kemudian Julianti berharap dengan kegiatan PKK KKBPK Kesehatan yang juga merupakan kegiatan nasional tersebut agar menjadi motor penggerak partipasi semua pihak demi suksesnya program KB dan Kesehatan di Kayong Utara.

"Saya berharap kegiatan PKK KKBPK Kesehatan yang juga merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini, agar dapat menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintan, organisasi kemasyarakatan, LSM, dunia usaha dan swasta untuk berperan serta dalam mensukseskan pelaksanaan program KB dan kesehatan agar terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan dua anak cukup serta mewujudkan penduduk tumbuh seimbang," Tuturnya.

Pewarta: Humas / Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019