Festival Pasar Rakyat (FPR) yang merupakan program CSR Sahabat Lokal Adira Finance berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli yang didukung penuh oleh pemerintah kota dan komunitas lokal kembali hadir di Kota Pontianak.

“Kita bersyukur untuk FPR kembali hadir untuk kali keduanya di Kota Pontianak.  Kegiatan FPR ini juga menjadi rangkaian untuk menyambut HUT yang ke-29 Adira Financial dan menyemarakkan HUT Kota Pontianak ke-248,” ujar Kepala Wilayah Area Kalimantan Adira Finance, Handi di Pontianak, Rabu.

Handi menyebutkan bahwa melalui kegiatan FPR pihaknya berharap bisa menumbuhkan antusiasme masyarakat untuk kembali berbelanja di pasar rakyat.

“Terpenting lagi bagaimana kegiatan FBR bisa ikut mengembangkan potensi pasar yang tidak lagi hanya menjadi tempat transaksi jual beli semata, namun juga sebagai ruang publik yang kreatif,” kata dia.

Mengangkat tema ekonomi kreatif, edukatif dan seni budaya dengan berbasis komunitas lokal sebagai motor penggerak kegiatan, FPR akan berlangsung dari bulan Oktober hingga November 2019 dan diselenggarakan di 5 kota besar di Indonesia, diantaranya Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak dan Denpasar.  

Untuk di Kota Pontianak sendiri dengan tajuk “Pegi Pasar Yok dan Pasarnye Kite Semua” dilaksanakan di Pasar Dahlia dari tanggal 2 - 3 November 2019.

Kegiatan di Kota Pontianak meliputi aksi peduli lingkungan, kolaborasi mural, pameran foto, instalasi seni, fashion show, talk show, serta pertunjukan seni dan budaya.

“Kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 40 komunitas lokal Kota Pontianak dan dukungan penuh Pemerintah Kota Pontianak,” jelas dia.

Di penghujung rangkaian kegiatan FPR yang dilaksanakan di 5 kota tersebut, Adira Finance akan mempersembahkan penghargaan khusus yaitu pasar rakyat paling mempesona, bagi pemerintah daerah dan komunitas lokal penyelenggara FPR yang mampu menampilkan potensi dan pesona pasar rakyat sebagai ruang publik yang edukatif dan kreatif, dengan mengajak keterlibatan masyarakat luas pada acara  tersebut.

“Adira Finance terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya kepada bangsa, dengan menghadirkan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan yang mengarah kepada pengembangan komunitas seperti yang telah tertuang pada branding kami yakni  Adira Finance untuk Indonesia,” jelas dia.

Sementara itu, Kadisperindagkop Pontianak, Haryadi S. Triwibowo menyambut baik FPR dan pihaknya dari berbagai OPD terkait siap mendukung  penuh kegiatan tersebut.

“Kita sambut baik dan berterima kasih FPR digelar kembali di Pontianak. Ini sangat kita apresiasi dan siap mendukung. Acara ini sejalan dengan upaya kita agar pasar rakyat di Pontianak bisa SNI,” jelas dia.

Pewarta: Dedi dan Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019