Bupati Kayong Utara, Citra Duani, menyerahkan bibit bunga lavender dan Abate untuk pencegahan nyamuk demam berdarah, kepada juru pemantau jentik (Jumantik) Jumat (8/11) pagi.

Upaya efektif untuk memberantas dan mencegah penyebaran DBD adalah menetapkan satu rumah satu juru pemantau jentik (Jumantik). Kader kader yang ada diharapkan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bahaya nyamuk, apalagi nyamuk demam berdarah.

Baca juga: Waspada DBD, pemuda Sungai Toman lakukan pengasapan
Baca juga: Sudah 41 kasus DBD di Bengkayang

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Sutera, diinisasi Dinas Kesehatan, Camat Sukadana dan Desa Sutera. Kepada para Jumantik yang diwakili Kepala Dusun, Ketua RT, Bupati mereka untuk pro aktif dalam upaya mencegah pemberantasan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. "Mari ajak masyakat, untuk menciptakan lingkungan yang sehat," ujar Citra.

Upaya lain yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan sehat adalah menggalakkan gotong royong. Budaya gotong royong menurutnya, harus ditingkatkan sebagai bagian budaya bangsa. "Mari Kita Ciptakan Kayong Utara yang bersih, sehat dan terang. Jangan lupa Sumbangkan 5 watt lampu untuk penerangan di depan rumah," himbau Bupati.

Baca juga: Sulit minum salah satu ciri terinfeksi virus DBD
Baca juga: 22 kasus DBD tercatat di awal 2019

Pewarta: Humas/Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019