Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara menggelar rapat koordinasi tentang evaluasi pencalonan anggota DPRD Kabupaten Kayong Utara dan penghargaan kepada beberapa pihak yang telah mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 di kabupaten tersebut.

Ketua KPU Kayong Utara Rudi Handoko mengatakan kegiatan tersebut diharapkan memberikan rekomendasi untuk perbaikan penyelenggaraan pemilu mendatang agar lebih baik.

"Hasil hari ini akan kita laporkan, tanpa mengurangi sedikit pun secara berjenjang, mulai ke KPU Provinsi hingga ke KPU Pusat," Kata Rudi Handoko saat menyampaikan kata sambutannya, pada Selasa, (12/11).

 Hadir dalam kegiatan tersebut, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pihak Kepolisian, pihak TNI dan Bawaslu Kayong Utara.

Dalam sambutannya itu Rudi memberikan catatan sendiri, terutama bagi peserta Pemilu yang diharapkan olehnya agar setiap partai menyiapkan kader terbaik dalam mengikuti pemilihan legislatif maupun eksekutif.

Selain itu juga tambahnya, agar ke depan peserta pemilu bisa melengkapi administrasi secara baik saat mengantarkan berkas ke KPU sehingga tidak ada kekurangan - kekurangan saat verifikasi, validasi dan verifikasi akhir.

"Kira - kira langkah ke depan apa yang terbaik saat proses pencalonan, karena seringkali saat pencalonan sering kisruh, jadi kita bisa taju problem - problem apa yang bisa kita perbaiki ke depan, " kata dia.

 Rapat koordinasi tersebut pun banyak yang memberikan masukan dari peserta yang hadir salah satunya Bambang Irawan sebagai perwakilan dari Perindo Kayong Utara.

Dirinya mengatakan, hal yang menjadi catatan adalah, terkait persyaratan pencalonan harus disesuaikan dengan kondisi daerah dan harus konsisten dalam menjalankan peraturan dalam pelaksanaan pemilu.

"Seperti surat keterangan sehat dari rumah sakit, rumah sakitnya sedikit, tapi peserta pemilu banyak, sedangkan waktu yang diberi hanya sebentar, tentu ini sangat menyulitkan bagi peserta untuk memenuhinya," kata dia.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019