KPU Provinsi Kalbar menggelar pendidikan pemilih untuk meningkatkan partisipasi pemilih masyarakat pasca-Pemilu serentak 2019 April lalu.

"Acara ini dihadiri puluhan peserta yang berasal dari perwakilan partai politik, OPD terkait, Forkopimda dan seluruh organisasi kepemudaan Singkawang," kata Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan di Pontianak, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai evaluasi pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019 khususnya yang berkaitan dengan partisipasi pemilih di Kota Singkawang.



"Meski partisipasi pemilih khususnya di Singkawang mengalami kenaikan dari Pemilu 2014, namun jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Kalbar, maka Singkawang masih terbilang rendah," katanya.

Sehingga, KPU Singkawang masih perlu berupaya untuk terus meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu yang akan datang.

Kepada peserta yang hadir kemarin, katanya, juga diharapkan ikut membantu KPU dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk mau menggunakan hak pilihnya pada pemilu-pemilu yang akan datang.



"Kita di KPU, akan terus melakukan sosialisasi dalam bentuk tatap muka, media masssa bahkan turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pemahaman," ujarnya.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka mendorong dan memotivasi masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya pada pemilu.

"Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalbar yang telah menyukseskan Pemilu serentak 2019 secara aman dan lancar," ungkapnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019