Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir membuat Ketua Korwil Taruna Siaga Bencana (Tagana) Singkawang, Kalimantan Barat Feri Samson mengimbau warga, khususnya yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor untuk selalu waspada.

"Kepada warga yang tinggal di daerah yang selalu tergenang air agar selalu waspada berhubung sekarang ini memasuki musim penghujan," kata Samson, di Singkawang, Sabtu.

Kemudian, bagi warga yang bertempat tinggal di seputaran pegunungan, katanya, agar selalu meningkatkan kewaspadaan bencana longsor.

Menurut dia curah hujan saat ini cukup meningkat dan diharapkan sistem drainase dapat berjalan dengan lancar.

"Mengingat bencana datang tanpa permisi, maka warga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam seperti banjir dan longsor," ujarnya.

Dia berharap bencana alam seperti banjir dan longsor tidak sampai terjadi di Kota Singkawang karena berdasarkan pemantauannya beberapa hari ini kondisinya masih aman meskipun curah hujan cukup tinggi.

"Yang dikhawatirkan, kalau curah hujan terus meningkat beberapa hari ke depan, bukan tidak memungkinkan akan terjadi banjir," katanya.

Menurut dia daerah yang sering terjadi banjir dan perlu diwaspadai adalah Pasar Kulor dan sekitarnya, Lembah Murai dan Gang Ikhlas Kelurahan Pasiran.

Kemudian, Jalan Rawasari, Hermansah dan sekitarnya. Genangan air sering terjadi dikarenakan saluran air lambat dan turun.

"Semoga dengan adanya perbaikan dan pengangkatan tanah dan sampah di parit-parit bisa memperlancar arus air," demikian Feri Samson.

Baca juga: Sejumlah lokasi banjir di Kota Singkawang
Baca juga: Sejumlah ruas jalan di Kota Singkawang terendam banjir
Baca juga: Bhabinkamtibmas Kota Singkawang diminta pantau daerah rawan banjir

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019