Anggota Komisi V DPR RI dari Dapil Kalimantan Barat 1, Boyman Harun mengajak masyarakat untuk mempertahankan ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada ratusan masyarakat Kubu Raya.

"Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan kepada masyarakat pentingnya memperkuat pilar-pilar kebangsaan yang meliputi ideologi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika dan upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Boyman saat melakukan sosialisasi di Parit Wak Gatak, Desa Pal 9, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Senin.

Dia menjelaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini merupakan mandat dari MPR RI, yang disosialisasikan kepada masyarakat mengenai ideologi yaitu memasyarakatkan ketetapan MPR, memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa tidak ada ideologi lain yang digunakan di negara ini, selain Pancasila. Hal ini dinilai sangat penting, mengingat saat ini banyak pihak yang mencoba memecah belah masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Kubu Raya, dengan menanamkan ideologi lain yang mengatasnamakan agama, suku atau budaya tertentu.

"Untuk itu, MPR bersama dengan pemerintah berupaya untuk mensosialisasikan ideologi Pancasila sebagai landasan penting bagi kelangsungan Negara Indonesia. Karena kalau sampai kita terpecah belah, maka proses pembangunan juga akan sulit dilakukan," tuturnya.

Melalui sosialisasi empat pilar itu, dirinya berharap agar masyarakat Kubu Raya yang terdiri dari berbagai suku dan agama bisa memahami bahwa kebersamaan dan persatuan adalah modal penting bagi bangsa ini untuk meneruskan setiap proses pembangunan di tengah masyarakat.

"Masyarakat harus memahami, nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan inilah yang akan menjadi pemersatu bangsa. Makanya, jika ingin pembangunan cepat dilakukan, maka kita harus bersatu," kata mantan wakil Bupati Ketapang tersebut.

Dia menambahkan, sosialisasi itu juga dilakukan dengan masyarakat di daerah pemilihan, sebagai wadah untuk bertemu serta menampung saran dan pendapat dari masyarakat mengenai pelaksanaan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagaimana terdapat pada Pancasila, UUD, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
Baca juga: Warga Antusias hadiri buka puasa bersama Boyman Harun

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019