Bupati Landak, Kalimantan Barat,  dr Karolin Margret Natasa meminta tim program perbaikan varietas padi lokal Palawakng untuk fokus melakukan perbaikan kualitas padi tersebut guna meningkatkan produktivitas pertanian di Landak.

"Program perbaikan varietas padi lokal Palawakng Gaeng tersebut selain bisa mempertahankan varietas padi lokal asli Kabupaten Landak juga bisa meningkatkan kualitas varietas padi lokal Palawakng Gaeng dan hasil produksinya bisa lebih tinggi dari yang biasanya," kata Karolin di Ngabang, Sabtu.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada Tim Program Perbaikan Varietas Padi Lokal Palawakng dan instansi terkait untuk lebih fokus mengawal perbaikan program varietas padi lokal Palawakng yang merupakan padi lokal asal Kabupaten Landak agar hasilnya bisa sesuai yang diharapkan.

Pemerintah Kabupaten Landak melalui Tim Program Perbaikan varietas padi lokal Palawakng Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) menanam kembali padi lokal Palawakng Generasi Ke 2 atau M2 varietas Gaeng di Oto Ledang, Desa Koranji Paedang, Kecamatan Sengah Temila, Jumat kemarin.

Wakil Ketua Tim Program Perbaikan Varietas Padi Lokal Palawakng Lusia Artivinia Natalaga, SP menyampaikan bahwa penanaman itu adalah penanaman M2 atau generasi Ke dua dari Program Perbaikan Varietas Padi Lokal Palawakng dan Peneliti dari PAIR BATAN langsung hadir pada proses penanaman ini, dikarenakan proses penanaman harus sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan.

"Pada generasi pertama atau M1 Pemerintah Kabupaten Landak menanam atau mengembangkan tiga varietas padi lokal palawakng yaitu Varietas Salon, Varietas Balacant dan Varietas Gaeng, tetapi di M2 atau generasi kedua ini pihaknya menanam satu varietas saja, hal ini dikarenakan pada hasil panen M1 Varietas Gaeng hasil panenya lebih baik dari Varietas Balacant dan Varietas Salon," katanya.

Sementara itu Peneliti dari Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Dr. Azri Kusuma Dewi menyampaikan penanaman padi varietas Gaeng ini ada dua dosis radiasi yaitu 200 Grey dan 300 Grey, di antara itu juga ditanam 0 Gray atau tanpa radiasi sebagai tanaman induknya atau tanaman kontrol.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019