Menindak lanjuti perintah Pangdam XII/Tanjungpura, Dandim 1207/BS, Kolonel Armed Stefie Janjte Nuhujanan menginstruksikan kepada seluruh jajaranya untuk selalu proaktif membantu pemerintah daerah dalam menangkal penyebaran Covid-19. 

"Kemarin pagi kami telah melaksanakan kegiatan apel bersama dilanjutkan kegiatan bersih-bersih kantor dan lingkingan dalam rangka mencegah dan memutus perkembangan COVID-19 yang sudah masuk ke wilayah Kalbar khususnya Kota Pontianak," kata Dandim 1207/BS, Kolonel Armed Stefie Janjte Nuhujanan di Pontianak, Senin.

Dalam apel itu disampaikan beberapa point perintah Pangdam XII/Tanjungpura yang harus dilakukan oleh prajurit jajaran Kodam XII/Tanjungpura terkait penanganan Virus Corona. 

"Ini termasuk kami di jajaran Kodim 1207/BS. Adapun hal-hal yang disampaikan yaitu masing-masing satuan fokus mulai minggu depan utk melaksanakan pembersihan seluruh perkantoran & perumahan (seluruhnya di wilayah Kalbar-Kalteng)," katanya.

Kemudian, para Komandan Satuan mulai mensosialisasikan kepada anggota dan keluarga untuk tidak perlu bersalaman apabila bertemu dengan sesama anggota. Cukup memberikan penghormatan. Hal ini juga berlaku untuk Persit (cukup kedua tangan disatukan di depan dada). Kegiatan olahraga pagi harus tetap dilaksanakan utk menjaga kesehatan. Namun diupayakan tdk ada kontak badan dengan anggota lainnya.
 
Juga ditekankan kepada anggota agar membatasi kontak dengan orang lain (terutama pada kegiatan yang tidak bermanfaat). Semua satuan menyiapkan disinfektan/antiseptik di perkantoran masing2. Semua anggota wajib melakukan pembersihan menggunakan disinfektan/antiseptik saat masuk kantor. 

Dalam intruksi itu juga disebutkan bahwa para Komandan Satuan beserta jajarannya, dilarang ikut menyebarkan pemberitaan terkait penyebaran Virus Corona yg belum tentu kebenarannya.

"Khusus dijajaran Kodim 1207/BS saya menekankan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona dan kenali gejala-gejalanya serta upayakan kita semua selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan," katanya

Dalam kesempatan itu, Dandim 1207/BS juga menekankan agar jangan percaya dengan berita hoaks tentang Virus Corona yang belum tentu kebenarannya dan membuat panik masyarakat, silahkan beraktifitas seperti biasa perhatikan faktor keamanan dan pengamanan. 

"Hindari tempat-tempat keramaian dan lingkungan yang kotor karena disitulah sarang bakteri dan virus," ujarnya mengakhiri.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020