Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalbar memasang sebanyak 15 wastafel portabel di sejumlah pasar tradisional dalam upaya menanggulangi COVID-19.

"Pemasangan wastafel ini bekerja sama dengan PDAM Kota Pontianak dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak  Haryadi S Triwibowo di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, wastafel yang dipasang tersebar di sejumlah pasar tradisional yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk mencuci tangan baik sebelum maupun setelah berbelanja.

"Masing-masing pasar tradisional kami pasang satu wastafel, hanya di Pasar Flamboyan yang dipasang empat unit, karena di sana jumlah pedagang dan pengunjungnya lebih banyak dibanding pasar tradisional lainnya," ungkap Haryadi.

Dia menambahkan, selain pemasangan wastafel di pasar tradisional, pihaknya juga akan melakukan pemasangan tangki dan wastafel portabel di sejumlah pasar tumpah dan fasilitas publik lainnya yang ada di Kota Pontianak.

Menurut Haryadi, pemasangan wastafel portabel tersebut sebagai upaya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan berbelanja di pasar-pasar tradisional maupun para pedagang di tengah wabah  COVID-19.

Haryadi mengimbau para pengunjung pasar dan pedagang disiplin dalam menjaga kebersihan, serta menggunakan masker dan sarung tangan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Mari mulai sekarang, sebelum masuk dan setelah berbelanja di pasar tradisional agar mencuci tangan sehingga terhindar dari COVID-19," ujarnya.

Sebelumnya, tim gabungan juga melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Flamboyan dalam mencegah COVID-19.

"Penyemprotan disinfektan itu kami lakukan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir untuk berbelanja berbagai kebutuhan bahan pokok di Pasar Flamboyan," kata Haryadi.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020