Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Kodam XII/Tanjungpura terus berupaya melindungi personel dengan mendirikan bilik sterilisasi atau Personal Chamber Disinfektan (PCD) di pintu masuk Makodam XII/Tpr.

"Setiap personel baik prajurit dan PNS serta tamu yang memasuki Makodam akan terlebih dahulu masuk dalam bilik sterilisasi yang berukuran 2x2 dengan menggunakan tiga nosel," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel (Inf) Aulia Fahmi Dalimunthe di Kubu Raya, Selasa.

Kapendam menjelaskan, bilik itu berfungsi untuk mensterilkan seluruh badan dari kuman-kuman yang kemungkinan melekat atau terbawa oleh setiap personel yang akan memasuki lingkungan Kodam XII/Tpr.

"Kegiatan diawali dengan mencuci tangan terlebih dahulu kemudian pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun, sehingga setiap orang yang memasuki Makodam harus masuk dulu ke dalam sebuah bilik. Begitu masuk, cairan disinfektan akan langsung disemprotkan ke seluruh tubuh," ungkapnya.

Menurut dia, upaya ini akan sangat efektif untuk membunuh kuman dan virus, karena bisa menyasar ke seluruh badan ke setiap personel maupun tamu yang akan berurusan di Kodam XII/Tpr.

Dia menambahkan, bilik sterilisasi yang dibuat oleh Kodam XII/Tpr ini merupakan instalasi sederhana yang menyemprotkan cairan disinfektan kepada orang yang melewatinya.

"Dengan bilik sterilisasi itu kami harapkan dapat membunuh virus yang menempel di baju ataupun badan setiap orang terutama anggota kami," ujarnya.
 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020