Telkomsel kembali melaunching aplikasi Sistim Informasi Cepar Dari Sekolah (SiCerdas) untuk tingkat SMP di Kabupaten Mempawah melalui video conference call yang diikuti langsung oleh Bupati Mempawah Erlina. Kegiatan ini dmaksudkan sebagai upaya Telkomsel untuk terus berupaya mendukung ekosistem broadband di era milenial melalui dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. 

"Untuk pertama kalinya di Kalimantan, aplikasi SiCerdas ini digunakan bagi tingkat SMP di Kalbar tepatnya  di Kabupaten Mempawah. Proses peluncuran melalui video conference call aplikasi SiCerdas yang diikuti langsung oleh Bupati Mempawah, Kadis Pendidikan Mempawah, Kadis Kominfo Mempawah dan para Kepala Sekolah tingkat SMP di Mempawah," kata General Manager Consumer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo melalui conference call aplikasi SiCerdas kepada media, Jumat.

Dijelaskanya, sejak diluncurkan pada 19 Agustus 2019 lalu, mobile school application SiCerdas hingga saat ini terus berkembang pesat hingga mencakup 92 SMA/SMK di 14 kabupaten/kota se-Kalbar. Aplikasi SiCerdas ini terus mengembangkan beberapa fitur baru untuk menyesuaikan kebutuhan sekolah, siswa, dan guru saat ini. Dan, sebanyak 22 sekolah di Kalbar sudah melakukan proses login 100 persen.

Baca juga: Telkomsel pastikan seluruh infrastruktur jaringan beroperasi optimal


“Telkomsel sepenuhnya mendukung dunia pendidikan di Kabupaten Mempawah melalui hadirnya aplikasi SiCerdas. Telkomsel juga mengajak anak-anak muda milenial lokal di Kalimantan Barat ini yang membuktikan bahwa pengembang aplikasi digital di kota ini mampu bersaing. Sejak diluncurkan tahun 2019 lalu hingga kini terus mengembangkan fitur baru,” kata Ismu.

Ia menambahkan, saat ini Telkomsel melihat tingginya animo masyarakat dalam mengadopsi layanan broadband dan digital di Kabupten Mempawah ini. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya layanan digital Telkomsel diatas 27.1 persen, serta lebih dari 33.7 persen peningkatan layanan broadband dibandingkan dengan tahun lalu. 

"Untuk mendukung kenyamanan berkomunikasi itulah maka Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan jaringan yang handal dan stabil untuk mendukung penerapan ekosistem digital yang lancar,“ katanya.

 
Telkomsel launching aplikasi Sistim Informasi Cepar Dari Sekolah (SiCerdas) untuk tingkat SMP di Kabupaten Mempawah melalui video conference call yang diikuti langsung oleh Bupati Mempawah Hj. Erlina. (Istimewa)



Dijelaskan Ismu, pada proses launching di Mempawah kali ini, diperkenalkan beberapa fitur tambahan terbaru dari belajar online SiCerdas 2.0 yaitu kelas online, file pembelajaran online, dan soal-soal online. 

Telkomsel juga turut proaktif mengambil bagian dalam upaya gotong royong dan solidaritas dalam membantu seluruh elemen masyarakat Indonesia menghadapi tantangan terkait peyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di segala sektor kehidupan. Karena ini sejalan dengan  himbauan Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo untuk mengutamakan interaksi online sebagai upaya membatasi penyebaran Covid-19. 

"Fitur SiCerdas 2.0 ini sangat membantu para pelajar dan guru yang saat ini sedang menjalani kegiatan dirumah, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kalbar yang memungkinkan guru dan murid tetap dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar secara online. Mereka dapat saling berinteraksi secara live streaming serta para guru tetap dapat membagikan materi pelajaran," katanya.


Baca juga: Telkomsel berikan kuota gratis 30GB untuk belajar di rumah

Dikatakanya, selain fitur Kelas Online, pada saat yang sama juga diluncurkan fitur Pembelajaran Online, dimana guru bisa membagikan materi belajar, dan Ujian Online. Dalam fitur tersebut, guru sekaligus tetap bisa melakukan absensi untuk siswa. Aplikasi Sicerdas juga memberikan live report Kepada Gubernur Kalbar, Dinas Pendidikan Kalbar, Bupati Mempawah, Kadis Pendidikan Mempawah serta kepala sekolah sehingga semua data yang masuk akan tersimpan dengan baik dan menjadi database sekolah.

"SiCerdas merupakan aplikasi digital dengan spesifikasi smartphone berbasis android dan IoS yang menyediakan berbagai informasi dan kebutuhan data yang bermanfaat dan membentuk smart students di sekolah. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para siswa dalam melakukan absensi, mengerjakan tugas sekolah, forum grup diskusi guru dan siswa, data perpustakaan, bahkan juga dapat melakukan transaksi LinkAja di kantin sekolah," katanya

Menurut Isma, kolaborasi yang sangat baik dari Dinas Pendidikan Kalbar, Telkomsel dan Favorit Kita Indonesia menghadirkan aplikasi SiCerdas yang hingga kini telah menjangkau 36 ribu siswa di Kalbar. Disamping itu, aplikasi ini juga digunakan se-Kalimantan dengan jumlah 45 ribu siswa telah menggunakan aplikasi ini. 

"Bagi sekolah-sekolah yang belum terhubung dengan Sicerdas, bisa mendaftakan dengan menghubungi dinas pendidikan dan dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Mempawah, atau dengan mengirim pesan di Instagram @Sicerdas_Link atau @Telkomsel_Pontianak," ujarnya mengakhiri.

Baca juga: Telkomsel akan bangun 23.000 BTS 4G sepanjang 2020
Baca juga: SMAN 1 Sambas raih juara satu ilmupedia berani jawab!
Baca juga: Telkomsel hadirkan "paket murah banar" di haul guru sekumpul
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020