Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad mengajak seluruh warga Desa Padang Kecamatan Kepulauan Karimata agar membiasakan diri berperilaku hidup sehat dan bersih dengan sesering mungkin mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas.

Menurut Effendi, ia mengajak warga Desa Padang dengan kebiasaan ini sebagai ikhtiar atau usaha dalam upaya mencegah tertular virus COVID-19 yang hingga sampai sekarang menjadi penyakit yang sangat mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan kematian.

Sosialisasi ajakan ini disampaikan saat melakukan kunjungan ke Desa Padang Kecamatan Kepulauan Karimata baru-baru ini.

Selain membiasakan kebiasaan tersebut, Effendi juga mengimbau kepada warga untuk senantiasa membersihkan lingkungan baik di lingkungan rumah masing-masing warga maupun di tempat-tempat umum lainnya.

Oleh karena itu, melalui kesempatan ini dirinya mengajak seluruh warga Kayong Utara khususnya warga Desa Padang untuk membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

Dari sisi agama beliau berpesan kepada warga Desa Padang yang mayoritas beragama Islam ini agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintah-Nya seperti melaksanakan ibadah Sholat lima waktu dan menjauhi segala larangannya seperti dengan memakan makanan yang halal, bersih dan diperbolehkan dalam Islam.

Menjalankan ibadah sholat lima waktu sudah barang tentu setiap orang Islam akan selalu menjaga kebersihan dirinya dengan wudhu.

Untuk itu dengan menjaga wudhu ini telah mengajarkan kepada kita semua untuk membiasakan berperilaku hidup sehat dan bersih. Pada kesempatan ini pula Effendi mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kayong Utara akan sesering mungkin melakukan kunjungan ke daerah-daerah untuk menyampaikan informasi mengenai pembangunan dan perkembangan Kabupaten Kayong Utara.

 Nanang Dwi Petugas Kesehatan dari Dinas Kesehatan dan KB Kayong Utara juga menyampaikan hal serupa dan meminta kepada pihak Pemerintahan Desa Padang untuk melakukan pendataan dan pemantauan kepada setiap warga yang datang ke desa ini.

Terlebih lagi jika diketahui ada warga yang datang berasal dari daerah positif corona. Kemudian ia juga menyampaikan kepada warga Desa Padang jika ada gejala-gejala seperti batuk, pilek, demam dan sesak nafas, hendaknya segera memeriksakan diri ke tempat-tempat pusat kesehatan terdekat.

 Selanjutnya ia juga mengimbau kepada warga Desa Padang untuk mengikuti anjuran pemerintah diantaranya dengan menjaga jarak, tidak melakukan suatu perkumpulan dengan mengundang orang banyak atau sedapat mungkin menghindari keramaian serta mencuci tangan sesering mungkin sebelum dan sesudah beraktivitas.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk penyebaran penularan virus Corona.

Wakil Bupati Kayong Utara, bersama Tim Dinas Kesehatan juga melakukan penyemprotan terhadap rumah warga di Karimata. "Langkah ini sebagai upaya kita untuk pencegahan," ujarnya.

Effendi Ahmad juga ikut langsung melakukan penyemprotan. Dia berpesan kepada pemerintah Desa Padang, untuk memantau nelayan dari luar yang keluar masuk ke Desa Padang.

Pewarta: Rizal/Tatang Humas KKU

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020