Bupati Kayong Utara Citra Duani melaksanakan rapid test atau tes cepat terkait dengan kemungkinan terpapar atau memiliki risiko tinggi dengan virus corona atau COVID-19.

Rapid test ini mulai dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, direncanakan akan dimulai di Kecamatan Simpang Hilir.

Baca juga: Petugas kesehatan Kapuas Hulu jemput pasien negatif COVID - 19 ke Sintang
Baca juga: Pasien rujukan dari Kapuas Hulu dinyatakan negatif COVID - 19

"Terima kasih untuk para medis yang telah bekerja dan berjuang dan membantu masyarakat," ujar Bupati Citra Duani ketika menerima tenaga medis yang memeriksa.

Rapid test yang digunakan Dinas Kesehatan Kayong Utara, alatnya sangat kecil dan mirip dengan alat untuk  tes kolesterol dan gula darah.

Jarum yang digunakan untuk mengambil darah juga telah disiapkan khusus. Citra dalam kesempatan itu, memberikan jari kelingkingnya kepada petugas medis untuk diambil sampel darah untuk dilakukan pemeriksaan.

Darah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam rapid test untuk menunggu hasilnya. Perlu waktu 15 menit, hasilnya dapat terlihat. "Alhamdulillah bapak negatif hasilnya," kata salah seorang petugas medis.

Menurutnya seseorang dikatakan negatif COVID-19, dilihat dari alat ini ada garis yang tertera pada alat hanya satu garis yang muncul. Kalau garis yang muncul tiga, maka akan positif.

Bupati berpesan kepada tenaga medis yang sedang bekerja, untuk selalu menjaga kesehatan. "Sekali lagi terima kasih untuk semua tenaga medis yang telah bekerja, jangan lupa jaga kesehatan," pesan bupati.

Baca juga: Sebanyak 13 PDP di Kalbar dinyatakan negatif COVID-19
Baca juga: Pasien asal Landak Negatif Corona
Baca juga: Empat pasien diduga corona di RSUD Singkawang dinyatakan negatif

 

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020