Setelah dinyatakan negatif COVID - 19 seorang pasien berusia 18 tahun berjenis kelamin perempuan asal Kapuas Hulu dijemput oleh petugas kesehatan Kapuas Hulu untuk dipulangkan ke rumah.

" Alhamdulillah pasien rujukan dari Kapuas Hulu ke rumah sakit Sintang dinyatakan negatif COVID - 19 dan petugas kesehatan sudah berangkat menjemputnya ke Sintang," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin, ditemui di Posko dan pusat informasi COVID - 19, di Putussibau,  Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin.

Disampaikan Nazaruddin, kondisi pasien saat ini dalam keadaan baik, dan akan di kembalikan ke rumahnya untuk isolasi sendiri, namun tetap dalam pantauan petugas kesehatan.

Baca juga: Sembilan warga Kalbar positif COVID-19, satu di Sintang
Baca juga: Pasien rujukan dari Kapuas Hulu dinyatakan negatif COVID - 19

Menurut dia, pemantauan terhadap pasien negatif COVID - 19 tersebut oleh petugas kesehatan selama 14 hari.

"Setelah hasil Litbang Kemenkes pasien dinyatakan negatif, pihak rumah sakit Sintang juga sudah mengecek kondisi paru - paru dan kondisi pasien sudah dalam keadaan baik," kata Nazaruddin.

Dijelaskan Nazaruddin, awalnya pasien tersebut datang memeriksakan diri ke petugas kesehatan dengan keluhan batuk, pilek, demam panas suhu badan diatas 38 derajat Celcius disertai sesak nafas.

Baca juga: Warga blokir jalan PT KWI di Kapuas Hulu

Kemudian, terhadap pasien dilakukan rontgen dan cek darah, hasilnya memenuhi gejala COVID - 19, setelah di koordinasikan dengan petugas kesehatan di Rumah Sakit Sintang, maka pasien dinyatakan memenuhi syarat untuk di rujuk karena memiliki gejala COVID - 19.

" Pasien di rujuk ke Sintang karena rumah sakit Sintang ditunjuk sebagai rumah sakit penanganan COVID -19, setelah sample pasien di kirimkan ke Jakarta dan hasilnya negatif COVID - 19," jelas Nazaruddin.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tidak memvonis dan melontarkan atau memberikan stigma yang negatif kepada pasien, karena akan menambah beban psikologis pasien.

Baca juga: Dinkes Kubu Raya ambil langkah percepat pencegahan COVID-19
Baca juga: Satu pasien COVID-19 di Provinsi Kalbar dinyatakan sembuh
Baca juga: Dinkes Kalbar umumkan satu PDP terkait COVID-19 di Soedarso meninggal

" Jangan di kucilkan, karena hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan pasien negatif COVID - 19,  artinya sakit pasien tidak berkaitan dengan COVID-19, mari kita berikan dukungan moril kepada pasien dan keluarga pasien," imbau Nazaruddin.

Selain itu, Nazaruddin juga berpesan agar pasien tetap menerapkan pola hidup sehat dan memakan makanan bergizi di rumah, sementara petugas kesehatan akan terus memantau selama 14 hari.

Baca juga: Belasan petugas Kharitas Bhakti Pontianak negatif COVID-19
Baca juga: Dinkes Kapuas Hulu siap bayar gaji petugas kesehatan rumah sakit bergerak
Baca juga: Petugas kesehatan menutup Rumah sakit perbatasan karena gaji belum dibayar

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020