Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyerahkan bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada masyarakat Terentang, yang menjadi kecamatan pertama penerima bantuan pangan dari provinsi itu.

"Bantuan pangan ini merupakan bantuan dari Pemprov Kalbar untuk masyarakat yang terdampak COVID-19. Jumlah bantuan yang diberikan oleh Pemprov Kalbar 1.000 ton dan secara simbolis diserahkan 52,980 kilogram kepada Camat Terentang Suharto, untuk disalurkan ke masyarakat yang mendapat bantuan pangan ini," kata Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo di Sungai Raya, Minggu.

Sujiwo menjelaskan bantuan itu merupakan tindak lanjut dari surat Gubernur Kalimantan Barat tentang bantuan masyarakat dampak COVID-19.



"Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai pendistribusian bantuan beras dari provinsi. Yang pertama di Kecamatan Terentang dan pekan depan prioritas kita ke kecamatan-kecamatan yang terjauh dulu, seperti Batu Ampar, Kubu, Teluk Pakedai, dan seterusnya dan Insya Allah dalam pekan depan semuanya sudah kita distribusikan," kata Sujiwo.

Ia mengungkapkan bantuan beras akan disalurkan ke sepuluh desa di Kecamatan Terentang. Dengan jumlah penerima 2.649 rumah tangga miskin RTM).

"Penyerahan ini untuk mengantisipasi dampak luas terhadap kelangsungan hidup kebutuhan dasar pangan masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu di wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat," tuturnya.

Sujiwo mengatakan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berterima kasih atas bantuan pemerintah provinsi. Ia berharap bantuan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

"Nah, harapan saya mudah-mudahan apa yang sudah pemerintah lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah kita sama-sama menghadapi kondisi sulit, yaitu wabah virus corona ini," katanya.



Kepala Desa Terentang Hilir Heri Yulianto bersyukur atas bantuan yang diterima warganya. Menurutnya, bantuan tersebut sangat penting karena dapat membantu kehidupan warga di tengah pandemi virus corona. Ia berharap warga desa dapat terus terjaga dari penyebaran virus tersebut.

"Harapan kami paling tidak bisa menolong ekonomi masyarakat yang sampai hari ini aktivitasnya dibatasi, sedangkan mereka juga butuh ekonomi untuk menopang keluarganya. Dengan bantuan dari pak gubernur ini sangat membantu warga desa kami," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020