Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta kepada umat Muslim di kota itu untuk mematuhi imbauan MUI agar melaksanakan ibadah termasuk shalat Tarawih di rumah di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Kami minta umat Muslim agar melaksanakan ibadah di rumah di tengah situasi pandemi COVID-19. Hal itu sebagaimana himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis.

Edi menjelaskan, salah satu imbauan MUI tersebut, diantaranya dengan meniadakan sementara kegiatan shalat berjamaah dan aktivitas lainnya di rumah ibadah.

"Dalam kondisi seperti saat ini, diharuskan untuk melaksanakan ibadah di rumah sesuai imbauan MUI dan pemerintah," ujarnya.

Menurutnya, momentum bulan suci Ramadhan bisa menjadi wadah dalam melakukan introspeksi diri. Selama Ramadhan biasanya dilaksanakan di luar, pada kondisi sekarang ini pelaksanaan ibadah dilakukan di rumah bersama keluarga.

"Kita bisa melaksanakan ibadah seperti shalat tarawih dan shalat-shalat sunnah lainnya serta membaca Al Quran di rumah bersama keluarga," ujarnya.

Dalam situasi yang dihadapi hampir seluruh dunia, Edi mengajak semua umat Islam mematuhi imbauan untuk beribadah di rumah agar pandemi COVID-19 ini bisa cepat selesai dan situasi normal kembali.

"Jadikan rumah sebagai pusat kegiatan ibadah Ramadhan bersama keluarga. Semoga bencana yang kita hadapi bersama ini bisa segera berakhir," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pihaknya belum akan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Belum saatnya Pontianak melakukan PSBB, tetapi kita lihat seminggu ke depannya, apakah jumlah kasusnya meningkat atau menurun. Mudah-mudahan yang sembuh terus bertambah, dan pasien positif tidak ada sehingga tidak perlu dilakukan PSBB," katanya.

Baca juga: Bupati Muda imbau masyarakat beribadah di rumah selama Ramadhan
Baca juga: Arab Saudi larang tarawih, itikaf di Masjidil Haram dan Nabawi saat pandemi
Baca juga: Masjid Al Aqsa tak akan dibuka untuk tarawih hindari corona
Baca juga: Bupati Kapuas Hulu imbau masyarakat shalat tarawih di rumah

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020