Kodam XII/Tanjungpura menyerahkan Alat Material Kesehatan (Almatkes) berupa alat pelindung diri (APD) kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Provinsi Kalteng dan Provinsi Kalbar, yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI.

"Untuk Gugus Tugas di Kalbar, menerima sebanyak 4.000 (80 koli) APD dari Kemenkes RI. Yang diserahkan oleh Asisten Logistik Kasdam XII/Tanjungpura, Kolonel Kav Josafath M. Robert Duka, kepada Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalbar, Harisson, di Posko Penanganan COVID-19 di Kota Pontianak," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe di Pontianak, Kamis.

Sedangkan, untuk Gugus Tugas di Kalteng akan menerima bantuan APD sebanyak 5.600 EA (112 koli) diserahkan oleh Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudariyanto kepada Ketua Harian Gugus Tugas Provinsi Kalteng, Darliansyah di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalteng.

"Bantuan APD untuk di Kalbar ini tiba di Bandara Lanud Supadio pukul 12.16 WIB dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis Herkules tipe C-130 Noreg A-1333. Selanjutnya pada pukul 12.49 WIB diangkut ke Posko Gugus Tugas dengan menggunakan dua kendaraan dinas Kodam XII/Tpr untuk dilakukan serah terima dengan Kadinkes Kalbar," jelasnya.

Sebelumnya ujar Kapendam, juga telah dilakukan serah terima bantuan dari Kepala Gudang Persediaan Pangkalan Lanud Supadio, Letkol Kal Hirwansyah kepada Aslog Kasdam XII/Tpr.

Dikatakanya, bantuan APD dari Kemenkes RI ini akan diperuntukkan bagi seluruh rumah sakit rujukan di Kalbar dan Kalteng. Diharapkan dengan tersedianya APD dapat membantu tim medis di Kalbar dan Kalteng sebagai garda terdepan dalam penangananan COVID-19.

"Ketersediaan APD ini sangat penting dalam mencegah penyebaran COVID-19. Untuk itu melalui Dinkes masing - masing provinsi, APD itu akan segera didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit yang di Kalbar dan Kalteng," katanya.

Gugus Tugas di Kalbar, menerima sebanyak 4000 (80 koli) APD dari Kemenkes RI. Yang diserahkan oleh Asisten Logistik Kasdam XII/Tanjungpura, Kolonel Kav Josafath M. Robert Duka, kepada Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalbar, Harisson, di Posko Penanganan COVID-19 di Kota Pontianak.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020