Pertamina melalui Marketing Branch Kalimantan Barat memberikan bantuan VTM (virus transport media) senilai Rp200 juta kepada Dinkes Kalbar dalam penanganan COVID-19 di provinsi itu.

"Bantuan VTM tersebut kami berikan kepada Dinkes Kalbar untuk penanganan kasus COVID-19 di Kalbar," ujar Sales Area Manager Pertamina Kalbar, Weddy Surya Windrawan di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, bantuan APD dan termasuk VTM kepada Dinkes Kalbar tersebut, sebagai bentuk kepedulian kami (Pertamina) terhadap kondisi sekarang, yakni pandemi COVID-19, yang sudah menjadi masalah nasional bahkan dunia ini.

Dalam hal ini, Pertamina memberikan bantuan sebagai bentuk perhatian, baik itu kepada para tenaga medis dalam bentuk APD, dan kepada masyarakat terdampak COVID-19 dalam bentuk bantuan paket sembako.

"Kami berharap dengan bantuan tersebut dapat membantu tenaga medis dalam menjalankan tugasnya, dan juga meringankan beban masyarakat dampak dari pandemi COVID-19," ujarnya.

Dia menambahkan, bantuan APD dan VTM tersebut setelah pihaknya berkoordinasi dengan Dinkes Kalbar dan kabupaten/kota lainnya, sehingga diberikanlah bantuan tersebut.

"Nah kebetulan Dinkes Kalbar membutuhkan VTM, sehingga diberikanlah bantuan tersebut dalam menangani pandemi COVID-19 di Kalbar ini," kata Weddy.

Selain memberikan bantuan kepada Dinkes Kalbar berupa 1.200 TVM (virus transport media) senilai Rp200 juta, sebelumnya, Pertamina secara serentak 19 Maret 2020, juga telah memberikan bantuan, diantaranya kepada pihak RSUD Soedarso Pontianak, yakni sebanyak 10 hazmat, 10 liter handsanitizer, 3 boks sarung tangan media. 

Bantuan ke  RSUD Agoesdjam Ketapang juga diberikan yakni 10 hazmat, 15 liter handsanitizer, 3 boks sarung tangan medis, 1 unit wastafel, 23 boks masker, 5 liter handsanitizer, 16 set APD, 18 botol handsanitizer, kemudian 100 pcs masker kain, dan 30 paket sembako. 

Bantuan lainnya juga diberikan kepada Pemkab Sambas, diantaranya 10 hazmat, 15 liter handsanitizer, 3 boks sarung tangan media.

Sebelumnya, Pertamina juga telah memberikan bantuan kepada Dinkes Kalbar, 13 Maret 2020, yakni sebanyak 50 pcs hazmat, 20 masker medis, dan 10 boks sarungan tangan medis.

Pertamina juga menggandeng IMI dalam memberikan bantuan pada Dinkes Sintang, yakni sebanyak 10 hazmat, 4 boks sarung tangan medis, 10 safety google, dan 3 tabung 5,5 kilogram. Dan juga mengandeng IMI dalam memberikan bantuan pada Persatuan Orang Melayu Kabupaten Sintang, diantaranya 10 dus mie instans, 5 dus minyak goreng, 10 karung beras.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kalbar, Harisson menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Pertamina yang telah memberikan berbagai APD dan termasuk VTM kepada pihaknya dalam penanganan pandemi COVID-19 di Kalbar.

"Saya menyampaikan penghargaan kepada Pertamina yang sudah peduli dengan penanganan COVID-19 di Kalbar. Dan saya berharap agar Pertamina dan BUMN lain dapat terus memberikan bantuan kepada masyarakat Kalbar," ujarnya.

Dia menjelaskan, VTM sangat pihaknya butuhkan sebagai tempat menyimpan hasil swab nasoorofaring pasien untuk kemudian diserahkan ke laboratorium PCR yang akan memeriksanya.



 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020