Harga bawang putih di Kota Pontianak seperti terpantau di Pasar Flamboyan kembali normal dan saat ini hanya Rp20.000 per kilogram.

"Bersyukur harga bawang putih saat ini mulai turun dan bahkan sudah normal," ujar satu di antara pembeli, Ida di Pontianak, Senin.

Hanya saja, untuk bawang saat ini justru sebaliknya masih tinggi tembus Rp50.000 per kilogram. Harga bawang merah meroket naik.

Untuk harga ayam ras saat ini juga mulai naik yakni Rp27.000 per kilogram.

"Harga ayam mulai naik dan di atas harga normal. Harga ayam normal di kisaran Rp20.000 -Rp25.000 per kilogram," ujar satu di antara penjual daging ayam ras, Abidzar.

Ia menjelaskan kenaikan harga ayam karena permintaan mulai tinggi.

"Biasanya kalau mau lebaran harga ayam tetap naik. Sekarang mulai naik lagi. Saat awal Ramadhan harga ayam normal. Mau lebaran saat wabah COVID-19 ini tidak tahu naik atau tidak. Yang jelas saat ini mulai naik," kata dia.

Sementara untuk aneka jenis sayuran di Pasar Flamboyan relatif stabil seperti harga kangkung, sawit, bayam, mentimun dan lainnya. Hanya cabai rawit saja yang harganya tetap tinggi yakni rata - rata di harga Rp40.000 per kilogram.

Untuk harga ikan saat ini masih stabil tanpa gejolak harga. Untuk ikan tenggiri misalnya hanya Rp60.000 per kilogram, udang di kisaran Rp50.000 per kilogram, tongkol hitam Rp30.000 per kilogram dan cumi -cumi Rp40.00 per kilogram.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, M Munsif mengatakan bahwa dari 11 kebutuhan pangan di Kalbar mayoritas saat ini baik dari sisi stok dan harga masih terjaga hingga lebaran.

"Dari 11 komoditas pangan ada beberapa komoditas yang saat ini harus terus menjadi perhatian. Sisanya masih tetap terjaga. Harga komoditas yang stok dan harga masih menjadi perhatian seperti gula pasir, bawang merah dan cabai," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020