"Kakap Explore" yang merupakan obyek wisata baru yang terletak di Sungai Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata saat penerapan "new normal".

"Pada masa wabah COVID-19, sektor pariwisata paling berdampak dan lumpuh. Namun menjadi harapan baru adanya rencana pemerintah untuk penerapan new normal atau kehidupan normal baru dengan beraktivitas normal namun tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah COVID-19. Nah, kita dari Kakap Explore siap menerima wisatawan jika new normal diterapkan," ujar Owner Kakap Explore, Ishak di Sungai Kakap, Sabtu.

Ishak menjelaskan Kakap Explore hadir untuk menggali potensi Sungai Kakap termasuk hal yang bisa menjadi destinasi wisata baru di daerah tersebut.

"Kakap Explore ini digarap mulai Desember 2019. Namun karena wabah COVID-19 ini, kita menunggu penerapan new normal untuk siap menerima wisatawan. Kita menggali potensi daerah yang bisa menjadi destinasi wisata baik bagi warga Kubu Raya maupun Kota Pontianak atau sekitarnya," katanya.

Menurutnya, Kakap Explore menawarkan paket wisata untuk menjelajah Sungai Kakap. Tidak jauh dari lokasi Kakap Explore wisatawan bisa belajar sejarah, budaya dan potensi laut.

"Wisata sejarah ada di sini karena ada makam tertua dan jejak peninggalan zaman Belanda, di sini ada wisata religi ada pekong di tengah muara, di sini ada wisata budaya dengan ada pergelaran robo' - robo' dan di sini tempat penghasil ikan," katanya.
Suasana dermaga nelayan Sungai Kakap, Kubu Raya. (ANTARA/Dedi)

Ia menambahkan untuk di Kakap Explore pengunjung bisa menikmati pesona muara Sungai Kakap dan terdapat lokasi foto menarik untuk diabadikan.

"Kita juga menyediakan tempat penjualan kuliner baik untuk menu sea food maupun makanan ringan. Untuk pergelaran kegiatan di sini juga bisa," katanya.

Dalam pengelolaan Kakap Explore pihaknya memberdayakan pemuda setempat. Terdapat sekitar 20 pekerja atau tim menggarap Kakap Explore.

"Di lapak makanan kita juga menjual produk UMKM. Kita berdayakan ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Ia berharap dengan penerapan new normal dan ada standar layanan bagi pelaku industri pariwisata untuk melayani tamu, destinasi Kakap Explore menjadi pilihan untuk dikunjungi.

"Kita buka dari pagi hingga malam. Untuk tiket hari biasa Rp10 ribu dan akhir pekan Rp15 ribu per orang. Anak - anak separuh harga. Kita berharap new normal segera dimulai bagi pelaku pariwisata," jelasnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020