Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan semangat Pancasila harus tumbuh dalam setiap diri masyarakat Kalbar, khususnya di tengah masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila ini, kita mengharapkan masyarakat Kalbar bisa menanamkan semangat Pancasila pada dirinya masing-masing, khususnya di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini," kata Sutarmidji usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara online bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Senin.

Dia menjelaskan bahwa dasar negara tidak bisa dihasilkan dalam waktu semalam saja. Dasar negara diolah, dan kemudian dibentuk dalam waktu yang lama, untuk itu, semangat Pancasila harus melekat pada setiap diri masyarakat Indonesia, agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bisa membawa masyarakat dan bangsa ini terus bangkit dari berbagai keterpurukan.

"Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka," katanya.

Pada pidato Kenegaraan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui vidio conference, Presiden juga menyampaikan akan pentingnya menujukan nilai-nilai Pancasila di tengah masa pandemi virus corona.

Dikatakannya, Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan berkerja dalam kehidupan kita. Nilai yang berkerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

"Kemudian tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita pada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," kata Jokowi.

Baca juga: Tokoh perbatasan : Tanamkan pancasila pada generasi muda
Baca juga: Masyarakat diminta Jadikan Pancasila Landasan Menjaga Persatuan
Baca juga: Atbah : Pancasila perekat sakti bangsa Indonesia

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020