Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang meluncurkan buku elektronik atau ebook bertajuk Pemilu Serentak 2019 Dalam Angka di Kota Singkawang Kalimantan Barat, Kamis.

"Buku portable document format (Pdf) dengan tebal 70 halaman ini merupakan rangkuman hasil pemilu serentak yang digelar pada 17 April 2019 lalu," kata Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, Kamis.

Dia mengatakan, pembuatan buku ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum terkait Pemilu serentak tahun 2019 tingkat Kota Singkawang. "Dengan hadirnya buku ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk penyelenggaraan dan hasil Pemilu serentak tahun 2019 khususnya di Kota Singkawang," tuturnya.

Baca juga: KPU Singkawang evaluasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada

Sementara anggota KPU Kota Singkawang sekaligus salah satu editor dalam penulisan buku, Umar Faruq, mengatakan, buku Pemilu Serentak 2019 Dalam Angka di Kota Singkawang ini terdiri dari tujuh bagian yang menjelaskan pemilu serentak tahun 2019 berdasarkan jenis pemilunya.

"Informasi yang disajikan bersumber dari keputusan KPU RI, keputusan KPU Provinsi Kalimantan Barat dan keputusan KPU Kota Singkawang, data yang disampaikan peserta pemilu dan sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Penyampaian data disajikan secara sistematis, dikemas dengan menarik, dan grafis yang mudah dimengerti.

Umar menambahkan, buku berformat Pdf ini dapat diakses dengan mudah. Sebab, bisa diunduh oleh siapapun di website resmi KPU Kota Singkawang di https://kpu.singkawangkota.go.id/rpp/.

"Jadi, publik bisa mengakses informasi seputar hasil pemilu serentak 2019 di Kota Singkawang dengan mudah. Caranya, dengan mengunduh file buku berformat Pdf di website KPU Kota Singkawang. Ini merupakan salah satu bentuk upaya keterbukaan informasi publik KPU Kota Singkawang," katanya.

Baca juga: KPU Singkawang evaluasi kegiatan sosialisasi Pemilu serentak 2019
Baca juga: KPU Singkawang sosialisasikan pendidikan pemilih kepada guru
Baca juga: Bawaslu Singkawang tertibkan 3.348 APK selama masa Pemilu 2019
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020