Prajurit Dua (Prada) Zaenal anggota TMMD ke-108 Kodim 1202/Singkawang menyepatkan waktu istrirahatnya untuk membantu sambil belajar membuat bubu yang merupakan anyaman perangkap ikan tradisional warga Desa Danti Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Ketapang. 

"Membuat bubu perangkat ikan ini memang sering saya jumpai. Namun untuk membuatnya saya belum bisa. Kebetulan saya melihat pak Hairul sedang menganyam bambu untuk membuat bubu, makanya saya datang untuk membantu sekalian belajar bagaimana membuat bubu itu," kata Prajurit Dua, Zainal, Rabu.

 
Menurut Zainal, pekerjaan anyaman bambu atau rotan itu, memang bila dilihat terasa sulit. Namun bila memang mau belajar, maka menganyam membuat perangkap ikan seperti bubu ini dapat dengan mudah. Seperti yang dilakukan Hairul warga setempat.

"Asik juga dapat menganyam bambu dan dapat membuat perangkap ikan ini. Seharusnya generasi muda dapat ikut seni budaya tradisional ini," katanya.

Ditempat terpisah Dansatgas TMMD Letkol Arm Victor J L Lopulalan mengatakan, bahwa anggota Satgas TMMD harus selalu aktif untuk membantu warga sekitar.

"Karena TMMD ini bukan hanya bekerja sasaran fisik namun juga harus bisa berbaur dan membantu kesulitan warga. Sehingga warga bisa terbantu dan menambahkan nilai positif berbagi ilmu dengan adanya anggota Satgas TMMD yang ada di Desa Danti," tutupnya. 


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020