Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan mengunjungi sebagian wilayah Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang yang terdampak puting beliung yang terjadi pada Rabu, 8 Juli 2020 dan mengerahkan personelnya untuk membantu warga terdampak bencana tersebut..

"Kita sangat prihatin dengan kondisi rumah warga yang sudah rata dengan tanah. Sebagai komandan Kodim saya sangat sedih. Sebagai bentuk kepedulian awal TNI kepada masyarakat kita mengarahkan prajurit untuk membantu warga terdampak bencana. Selanjutnya kita berharap pemerintah segera menghimpun bantuan untuk warga. Kita dari TNI AD juga sudah membantu warga sebisa yang ada sekarang, semoga nanti juga bantuan lainnya," ujar Letkol Arm Victor saat dihubungi di Bengkayang, Kalbar, Jumat.

Letkol Arm Victor berharap masyarakat tetap sabar dan kuat menghadapi bencana ini. Kemudian semua pihak untuk bersama bahu - membahu membantu saudara yang terdampak.

"Mari bersama bantu saudara kita. Sehingga beban masyarakat ini bisa kita atasi bersama," ajaknya.

Dampak puting beliung, setidaknya ada empat desa yang ada di Kecamatan Samalantan terdampak yakni Desa Samalantan, Desa Sabau, Desa Bukit Serayan dan Desa Marunsu.

Di Desa Samalantan sebanyak 124 rumah yang mengalami kerusakan, dengan 35 mengalami kerusakan berat, 14 kerusakan ringan dan 75 kerusakan ringan. Sementara satu orang mengalami luka berat.

Satu di antara warga Desa Samalantan, Hendra yang terdampak bencana angin puting beliung berterimakasih kepada TNI dan lainnya yang sudah memberikan bantuan awal kepada mereka. Pasalnya, hingga saat ini keluarganya sudah mengungsi di Balai Desa.

Hendra saat ini mengaku pasrah, dan berharap pemerintah segera memberikan bantuan dan membangun rumah bagi mereka yang terdampak.

"Saya berterimakasih kepada TNI, Polri dan pemerintah yang sudah memberikan bantuan dan sudah banyak membantu kami. Kita berharap saat ini dari pemerintah juga segera bangun rumah kami karena saat ini sudah tidak miliki rumah tersebut berharap pemerintah memberikan bantuan. Itu yang kami harapkan saat ini," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020