Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, akan membuka PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) gelombang kedua untuk tingkat SMP di kota itu.

"Hari ini kami akan melakukan rapat, guna membahas terkait akan membuka PPDB gelombang kedua itu guna mengisi kuota yang kosong," kata Kepala Diknasbud Kota Pontianak, Syahdan Lazis di Pontianak, Senin.

Dia menegaskan, pada PPDB gelombang kedua, pihaknya tidak melakukan penambahan kuota, tetapi hanya mengisi kuota yang kosong pada PPDB gelombang pertama.

"PPDB gelombang kedua kalau memang diperbolehkan oleh Wali Kota Pontianak, hanya akan menerima melalui jalur prestasi," katanya.

Menurut dia, pihaknya belum memastikan kapan dibukanya PPDB gelombang kedua, tetapi akan dibuka dalam minggu-minggu ini.

Saat ini, menurut dia pihak sekolah sedang mempersiapkan terkait daftar ulang para siswa yang diterima pada PPDB gelombang pertama tersebut.

"Sehingga dalam minggu ini belum belajar, dan baru akan efektif tanggal 20 Juli 2020 mendatang," ungkapnya.

Data Diknasbud Kota Pontianak, pihaknya menyediakan 5.939 siswa yang tersebar di enam kecamatan dalam PPDB tingkat SMP tahun ajaran 2020/2021, yang dibagi menjadi empat jalur penerimaan, diantaranya jalur zonasi sebesar 50 persen, jalur prestasi sebesar 30 persen, afirmasi sebesar 15 persen.

Sementara, Lidia (40) salah seorang warga Kota Pontianak tetap berharap kepada Pemkot Pontianak melalui Diknasbud Kota Pontianak agar menambah kuota penerimaan pada PPDB gelombang kedua, karena masih banyak lulusan SD yang tidak tertampung untuk melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri yang ada di Kota Pontianak.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020