Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan memastikan pusat perbelanjaan dan hiburan Transmart mini Studio Kubu Raya aman untuk didatangi, pasca ditetapkannya 16 pekerja bangunan Bumi Raya Land yang dikonfirmasi positif COVID-19.

"Harus kita pahami bersama bahwa pekerja bangunan Bumi Raya Land ini bekerja di luar area Transmart meski letaknya masih dalam satu kawasan, namun dari pihak Transmart menetapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 bagi pengunjung dan karyawannya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk berbelanja disini," kata Muda Mahendrawan, saat berbelanja di pusat perbelanjaan itu bersama istri, Sekda Kubu Raya Yusran Anizam dan sejumlah kepala OPD di kabupaten itu, Kamis sore.

Pada kesempatan itu, Muda mengatakan, kedatangannya bersama hampir semua Kepala OPD dan puluhan ASN di jajaran Pemkab Kubu Raya ke Transmart ini bermaksud untuk berbelanja dan memastikan pusat perbelanjaan itu tetap buka, aman dan baik serta semuanya tetap berjalan seperti biasa. 

"Pada kenormalan baru ini, kita jangan sampai menjadikan sesuatu itu teror karena akan mengakibatkan imunitas tubuh kita juga akan menurun, yang akhirnya akan mudah terpapar. Kalau bisa, justru bagaimana kita semua mampu menguatkan imunitas tubuh kita dengan ketenangan dan sesama keluarga bisa lebih banyak berupaya untuk menghidupkan suasana yang dinamis dan bahagia," tuturnya. 

Pada intinya, kata Muda, pihaknya tidak menganggap remeh COVID-19. Namun, dia mengimbau masyarakat agar tetap produktif sehingga semuanya bisa lebih bergerak bersama untuk menghidupkan ekonomi dan tatanan sosial di masyarakat tetap berjalan baik. 

"Dengan kondisi yang dipastikan aman, saya ajak masyarakat untuk membawa keluarga dan kerabatnya ke Transmart Kubu Raya. Karena apa yang terjadi selama ini tidak ada korelasi langsung dengan pekerja bangunan yang positif COVID-19. Karena pekerja bangunan itu terpisah dan mereka tidak pernah masuk ke Transmart, sebab kondisinya memang terpisah dengan pagar dan akses masuknya juga berbeda serta para pekerja bangunan ini memiliki mes tersendiri," kata Muda.

Muda berharap, kondisi bisa cepat berakhir agar para pekerja di Transmart bisa kembali diberdayakan. Baik itu karyawan tetap maupun lainnya karena kondisi COVID-19 yang selama ini terjadi telah membuat ekonomi semakin turun, tentunya secara otomatis transaksi penjualan juga akan turut menurun, baik itu pakaian, konsumsi makanan, minuman, restoran dan lain sebagainya. 

"Selain itu ketergantungan tenaga kerja di Transmart ini juga sangat banyak yang menjadi sales di masing-masing stand. Mudah-mudahan di masa pemulihan ekonomi saat ini harus dihadapi dengan era new normal life, artinya, kita tetap waspada dan tidak lengah, tapi produktivitas juga harus lebih dikencangkan," katanya.

Sementara itu Humas Transmart Kubu Raya Budi Pranoto mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif Bupati dan jajaran yang berkunjung sekaligus berbelanja di Transmart Kubu Raya. Tentunya kedatangan Bupati Muda Mahendrawan beserta rombongan ini sebagai upaya untuk kembali mengangkat citra Transmart Kubu Raya sekaligus mengembalikan kepercayaan kepada masyarakat dalam menangkal isu-isu yang beredar dalam beberapa hari terakhir ini.

"Apa yang telah disampaikan Bupati Kubu Raya itu sudah sangat jelas, tinggal masyarakat sendiri yang melihatnya apa yang terjadi di Transmart. Saya hanya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kalbar pada umumnya dan di Kubu Raya pada khususnya jangan takut untuk berkunjung ke Transmasrt Kubu Raya, karena kita juga sudah komit untuk selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19," kata Budi Pranoto.

Dia mengatakan, pasca ditetapkannya 16 pekerja proyek bangunan Bumi Raya Land yang dinyatakan positif COVID-19, beberapa waktu lalu, pihak Transmart langsung melakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh bangunan dan etalase.

"Memang setelah terkonfirmasinya 16 pekerja bangunan Bumi Raya Land Kubu Raya yang dinyatakan positif COVID-19 beberapa waktu lalu, berdampak menurunnya angka kunjungan warga ke Transmart Kubu Raya yang berada tepat di belakang proyek pembangunan Bumi Raya Land dalam beberapa hari terakhir. Untuk memastikan Transmart aman dari COVID-19," katanya. 

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020