Sekjen Kemenkes RI, Oscar Primadi menyatakan dukungannya terhadap peningkatan kualitas fasilitas kesehatan yang ada di Rumah Sakit Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

"Sebagai bentuk dukungan itu, hari ini kami melakukan kunjungan untuk memantau langsung kondisi pandemi COVID-19 khususnya di Kota Pontianak, tapi juga bertujuan memonitor kondisi sarana prasarana fasilitas kesehatan di sejumlah rumah sakit yang ada di Pontianak," kata Oscar Primadi di Pontianak, Kamis.

Ia melakukan kunjungan kerja ke Kota Pontianak bersama anggota Komisi IX DPR RI, Alifuddin didampingi Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meninjau langsung Rumah Sakit Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak.

Dalam kesempatan itu, Oscar menambahkan, pihaknya saat ini sedang menyusun beberapa program kesehatan di seluruh Indonesia, baik dengan pemerintah pusat maupun Kementerian Keuangan.

"Hal-hal inilah yang harus saya pastikan di lapangan, supaya anggaran yang dialokasikan dari pusat ke daerah itu bisa tepat sasaran. Setelah meninjau Rumah Sakit Sultan Syarif Abdurrahman saya lihat di sini pelayanan kesehatan sudah mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, semua rencana pembangunan fasilitas kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah, seperti rumah sakit di Kecamatan Pontianak Utara akan didukung oleh pemerintah pusat, sebab sarana dan prasarana kesehatan berkenaan dengan kebutuhan khalayak luas sehingga peningkatan kualitas mesti diprioritaskan setiap tahunnya.

"Pembangunan rumah sakit di Pontianak Utara yang direncanakan Pak Wali Kota Pontianak itu harus didukung karena ini dapat memudahkan seluruh masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi rencana tersebut, semoga dapat direalisasikan dengan baik mulai dari segi ekonomis, efisiensi, dan efektifitasnya," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Alifuddin menuturkan saat ini pihaknya juga sedang memulihkan serapan anggaran kesehatan yang banyak dialokasikan untuk penanganan COVID-19.
 
"Saat ini kami juga sedang semangat memulihkan anggaran kesehatan di luar BPJS dan sebagainya, karena ini juga tupoksi kami yang mengatur mengenai politik anggaran," ujarnya.


 

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020