Sales Branc Manajer Pertamina Wilayah I Kalbar, Farid Akbar mengatakan, operasi pasar yang digelar pihaknya bekerjasama dengan Diskumdag Kota Pontianak di lima titik secara serentak di Pontianak, mulai menunjukkan hasil positif atau mulai terlihat adanya penurunan permintaan pembelian elpiji tiga kilogram oleh konsumen dibandingkan pada saat operasi pasar yang telah dilakukan sebelumnya.

"Malah operasi pasar di kawasan Pasar Rakyat Terminal Agro di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara yang dimulai pukul 11.99 WIB hingga sekarang sebanyak 560 tabung elpiji subsidi belum juga habis dibeli oleh masyarakat," kata Farid Akbar di Pontianak, Sabtu.
 
Pertamina: Operasi pasar elpiji di Pontianak mulai sepi pembeli, seperti di Pasar Rakyat Terminal Agro, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara. (Istimewa)

Hal itu, menurut dia, menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat akan elpiji subsidi di beberapa lokasi di Kota Pontianak sudah tercover dengan baik, Terutama paska gencarnya Pertamina dan Diskumdag Kota Pontianak melakukan operasi pasar elpiji bersubsidi.

"Untuk operasi pasar di kawasan Pasar Rakyat Terminal Agro tersebut, hari ini direncanakan menjual sebanyak 560 tabung elpiji tiga kilogram, hingga habis dibeli atau hingga pukul 19.30 WIB," ungkapnya.

Dia menambahkan, gencarnya operasi pasar dilakukan oleh pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Pontianak, melalui Diskumdag Kota Pontianak adalah upaya untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat akan elpiji subsidi menjelang dan sesudah Lebaran Idul Adha di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

"Hingga beberapa hari ke depan kami akan terus memantau kondisi dilapangan dan akan melakukan operasi pasar sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan elpiji subsidi dilapangan" ujarnya.

Hari ini, Sabtu (1/8) Pertamina bekerjasama dengan Diskumdag Kota Pontianak menggelar operasi pasar elpiji subsidi di lima titik, yakni di kawasan pemukiman Sultan Pontianak, Kampung Luar Darat Keraton Pontianak, Kecamatan Pontianak Timur; kemudian di depan SMA Terpadu, Kecamatan Pontianak Timur; halaman Pasar Dahlia, Kecamatan Pontianak Barat; halaman Pasar Rakyat Terminal Agro, Kecamatan Pontianak Utara; dan halaman Rusunawa Jalan Harapan Jaya, Kecamatan Pontianak Kota dengan masing-masing sebanyak 560 tabung atau sebanyak 2.800 tabung elpiji subsidi.

Sementara itu, data Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, mencatat pihaknya telah melakukan penambahan stok elpiji subsidi sebanyak 149.160 tabung yang disalurkan secara bertahap mulai dari 30 Juli hingga 5 Agustus 2020 di wilayah Provinsi Kalbar.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020