Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat mendukung penuh program pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat tahun 2020.

“Pemkab KKU sangat mendukung program KPU untuk memutakhirkan data pemilih dan data tersebut dapat dijadikan bahan informasi kepada masyarakat seberapa besar potensi data pemilih di setiap waktu di Kayong Utara,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) KKU, Aslinda ujarnya saat dihubungi di Sukadana, Kayong Utara, Jumat.

Dinas Kominfo menurutnya selain menyambut baik juga membuka peluang untuk turut serta menyampaikan informasi perkembangan data pemilih di Kayong Utara melalui fasilitas milik Pemkab KKU di bawah kendali Diskominfo.

Menurutnya Diskominfo memiliki beberapa jenis fasilitas penyampaian informasi yang dapat diakses masyarakat luas, mulai dari Radio Kayong Utara (RKU FM), videotron dan juga website info publik.

“Ke depan tinggal dikomunikasikan tentang teknis penyampaian informasinya saja, secara umum, Diskominfo sangat menyambut baik,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota KPU KKU, Effian Noer menyampaikan bahwa setiap bulan, KPU melakukan rapat pleno rekapitulasi DPB yang dihadiri pemerintah kabupaten melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Partai Politik (Parpol).

“Data pemilih setiap bulan mengalami perubahan, baik bertambah juga dapat berkurang. Hal itu dikarenakan adanya penambahan penduduk yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih seperti usia, menikah, warga pindah masuk, pindah keluar, pensiunan TNI dan Polri serta warga yang meninggal dunia, data ini yang setiap waktu diperbaharui,” kata Effian Noer.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020