Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Effendi Ahmad mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur karena perjuangan pembangunan Puskesmas Teluk Batang melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 membuahkan hasil yang ditandai dengan peletakan batu pertama.

“Saya jadi ingat sewaktu mendampingi Kadis Kesehatan dan KB beberapa tahun yang lalu di Jakarta untuk ikut mendukung tim Dinkes dalam memperjuangkan DAK khususnya bidang kesehatan. Alhamdulillah pada tahun ini kita dapat anggaran DAK yang salah satunya adalah pembangunan Puskesmas Teluk Batang. Kemudian ada juga pembangunan Puskesmas di Desa Padang Kecamatan Kepulauan Karimata yang Insyallah akan diresmikan juga peletakan batu pertama oleh Bupati Kayong Utara Citra Duani pada minggu ini," ujar Effendi Ahmad saat menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Kecamatan Teluk Batang, Kayong Utara, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya pembangunan puskesmas tentunya untuk memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat. Ia erharap semoga pembangunan ini cepat selesai sesuai target yang direncanakan sehingga segera dapat digunakan segera oleh masyarakat.

"Kita merasa bangga atas dibangunnya puskesmas ini. Sehingga masyarakat khususnya Kecamatan Teluk Batang dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh jika harus berobat dan rawat inap. Saya harap ini bisa selesai sesuai jadwal rencana yang telah ditetapkan. Kita tahu bahwa pembangunan ini merupakan milik kita semua dan bukan milik Pemda saja tapi juga milik masyarakat. Oleh karena itu, dalam pemberian pelayanan kesehatan harus lebih baik dan ditingkatkan lagi," harapnya.

Pembangunan sarana kesehatan pada hari ini menjawab adanya kemajuan dalam bidang kesehatan.

"Apa yang kita kerjakan sekarang ini akan memajukan daerah ke depannya. Oleh sebab itu, saya ingatkan kepada jajaran agar jangan hanya gedung saja yang bangun, akan tetapi SDM pegawai dan kebutuhannya serta pelayanannya harus ditingkatkan sehingga memiliki syarat akreditasi yang pada akhirnya masyarakat yang sakit menjadi sehat," tutup Effendi Ahmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan KB dr. Bambang Suberkah menyampaikan bahwa Pemda telah mendapat anggaran melalui Dinas Kes-KB, salah satunya berupa DAK Fisik Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2020.

“Pembangunan atau rehabilitasi total Puskesmas Teluk Batang merupakan salah satu DAK Bidang Kesehatan yang dianggarkan pada tahun 2020 ini. Proses pengajuan ini sudah cukup lama diusulkan dan Alhamdulillah tahun ini kita bisa melaksanakan pembangunan Puskesmas Teluk Batang menggantikan gedung lama yang rencananya memang diperuntukkan untuk pusat Kesehatan paru-paru,” paparnya.

Dalam peletakan batu pertama Wakil Bupati Kayong Utara juga didampingi Anggota DPRD Herwansyah, Kadinkes KB, Camat Teluk Batang, unsur Muspika, Kepala Puskesmas, para Kades, tokoh masyarakat, tokoh kesehatan dan lainnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020