Wakil Bupati Sambas, Kalimantan Barat, Hairiah mengatakan, pihaknya bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 terus mengkampanyekan pengginaan masker oleh warga ketika keluar rumah atau ke area publik.

"Kita terus kampanye dan semua pihak saling mengingatkan untuk memakai masker terutama di kerumunan atau di tempat publik,"ujarnya saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Ia menyebutkan bahwa saat ini aktivitas di masyarakat dan pemerintahan sudah mulai banyak dilakukan. Untuk itu ia harus mengajak masyarakat tetap mengikuti mengindahkan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan di antaranya tadi, selalu memakai masker ketika keluar rumah atau ke kerumunan. Kemudian selalu mencuci tangan dan menjaga jarak. Pencegahan itu sangat penting kita lakukan," jelas dia.

Terkait kesadaran masyarakat di Kabupaten Sambas dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan wabah COVID-19, menurutnya, sudah cukup tinggi. Meskipun masih ada sebagian kecil harus selalu diingatkan.

Ia melihat masyarakat masih menerapkan upaya memutus mata rantai penyebaran yang hampir dijumpai setiap rumah di daerahnya baik yang ada wilayah perkotaan, desa - desa pasar dan rumah .

"Saya melihat di desa - desa saja selalu menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun. Ini menunjukkan kesadaran yang tinggi untuk memutus mata rantai penyebaran," kata dia.

Ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan terus dikampanyekan juga oleh orang nomor satu di Kalbar yakni Sutarmijdi. Gubernur Kalbar melalui akun media sosial pribadinya baik facebook, Bang Midji dan instargam @bang.mijdi selalu mengajak masyarakat untuk tetap memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu, Bang Mijdi sapannya akrabnya juga terus mengajak masyarakat menjaga daya imun tubuh atau menjaga kesehatan. Tidak kalah penting informasi terkait kasus baru terkonfirmasi COVID-19 di Kalbar terus disajikan.

Dalam postingannya terbaru hari ini atau satu jam dari berita ini diturunkan ia memaparkan bahwa ada kecenderungan kasus meningkat. Bahkan kandungan virus dalam swab 15 juta copies virus.

Dalam kalimat postingan terakhirnya, anda bisa terhindar dari tertular jika pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan. Kemudian, anda boleh tidak peduli, tapi kasihanilah anak, isteri, orang tua, saudara anda.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020