Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tjetjep Yudiana menyampaikan lima orang yang terlibat dalam acara MTQ Kepri ke VIII terkonfirmasi positif COVID-19.

Tjetjep menjelaskan, sebelum kegiatan MTQ berlangsung, pihaknya melakukan rapid test atau tes cepat terhadap peserta, panitia, dan tamu undangan sebagai upaya skrining awal untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Dari total 1.515 orang yang mengikuti tes cepat, 98 orang di antaranya dinyatakan reaktif.

"Ke-98 orang itu sudah dilakukan tes PCR dan hasilnya dua orang dinyatakan positif COVID-19," katanya saat menyampaikan laporan di malam pembukaan MTQ Kepri ke VIII, di Dataran Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Sabtu (19/9).

Selain itu, pihaknya juga melakukan tes PCR kepada tamu undangan, peserta dan dewan hakim yang berasal dari daerah zona merah COVID-19. 

Dari hasil PCR itu, lanjutnya, terdapat tiga orang yang dinyatakan positif COVID-19.

"Sehingga sampai malam ini total ada lima orang yang dinyatakan positif COVID-19 selama rangkaian pelaksanaan MTQ ini berlangsung," jelasnya.

Lanjut Tjetjep, pihaknya sudah melibatkan sebanyak 200 orang yang terdiri dari unsur TNI/Polri dan Satpol PP untuk menegakkan protokol kesehatan selama pelaksanaan MTQ Kepri yang berlangsung sejak tanggal 19 - 24 September 2020.

"Tujuannya supaya pelanggaran protokol kesehatan dapat dikendalikan sebagaimana mestinya," tuturnya.

Pewarta: Ogen

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020