Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, meminta masyarakat untuk proaktif mengecek Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Bengkayang 2020.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar di DPS silakan laporkan kepada Bawaslu atau Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan," ujar Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkayang Yopi Cahyono saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa Bawaslu Kabupaten Bengkayang telah membuka Posko Pengaduan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih di Sekretariat Jalan Sentagi Dalam.

"Bahkan masing-masing Panwaslu Kecamatan yang ada di Bumi Sebalo juga membuka Posko Pengaduan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih," kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya selain membuka Posko Pengaduan juga melakukan pengawasan langsung dan tidak langsung dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian wabah COVID-19.

"Bawaslu Bengkayang juga menginginkan agar masyarakat tetap mematuhi peraturan pemerintah terkait dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19," kata dia.

Selain itu, ia menegaskan untuk partai politik yang mengusung kandidatnya di Pilkada Bengkayang untuk setiap tahapan pilkada tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19.

"Penerapan protokol kesehatan baik saat kampanye maupun rapat internal partai. Kita berharap semuanya dapat mematuhi protokol yang ada. Pilkada sukses, penanganan dan pencegahan COVID-19 pun sukses di Bengkayang. Itu harapan kita," katanya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkayang Yosef Harry Suyadi mengatakan bahwa pihaknya terus menerus memberikan imbauan dan mengajak semua untuk sama-sama melaksanakan protokol kesehatan dengan benar.

"Terkait dengan pawai atau pengumpulan massa tentu tidak boleh dilakukan di luar batas ketentuan, memang di dalam aturan pemilihan tidak diatur, tetapi diatur mdalam peraturan lainnya," kata dia.

Harry mengharapkan pada saat pengundian nomor urut dan pelaksanaan kampanye paslon nanti tetap harus menjaga ketertiban dan patuh pada protokol kesehatan.

"Pada intinya kita semua berharap Pilkada di Bengkayang ini berjalan demokratis dan bermartabat serta kita semua tetap sehat," ujar Harry.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020