Aktivitas pendidikan anak usia dini di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dipantau via aplikasi Bunda PAUD semasa pandemi COVID-19.

"Aplikasi ini akan sangat membantu kami dalam memantau aktivitas PAUD yang ada di Pontianak secara online (daring)," kata Bunda PAUD Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie di Pontianak, Jumat.

"Saya sebagai Bunda PAUD Kota Pontianak tentunya mengapresiasi inovasi yang sudah dilakukan oleh Bappeda Kota Pontianak, khususnya Bidang Litbang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak," katanya.

Aplikasi Bunda PAUD memungkinkan pemantauan langsung dari jarak jauh kegiatan pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh wilayah Kota Pontianak.

"Kami bisa melihat foto, video, serta dokumen kegiatan yang dilaksanakan oleh PAUD tanpa harus hadir langsung di lokasi kegiatan, " kata Yanieta.

Ada 231 fasilitas pendidikan anak usia dini PAUD di seluruh Kota Pontianak.

Yanieta meminta Bunda PAUD yang ada di tingkat kecamatan dan kelurahan di Kota Pontianak memaksimalkan penggunaan aplikasi pemantauan kegiatan pendidikan anak usia dini.

"Saya minta Bunda PAUD, baik yang di kecamatan maupun kelurahan berperan aktif meng-update data dan memonitor kegiatan PAUD wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Ia juga mengemukakan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini dalam pembangunan sumber daya manusia.

"Pontianak tidak memiliki sumber daya alam sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia sangatlah penting. Ini merupakan bagian kewajiban kita sebagai Bunda PAUD, " katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020