Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono beserta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, di Kalbar berziarah ke Makam Sultan Syarif Abdurrahman, yang berlokasi di Makam Batu Layang, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-249 Kota Pontianak. 

"Makam Batu Layang ini juga merupakan destinasi wisata religi yang ada di Pontianak sehingga harus kita lestarikan, jaga dan dirawat," kata Edi Rusdi Kamtono seusai memimpin ziarah di Makam Batu Layang Pontianak, Kamis.

Momentum Harjad ke-249 Kota Pontianak di tengah pandemi COVID-19 ini, Edi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Ia berharap, di usia yang ke-249 ini, Kota Pontianak semakin maju, kondusif, nyaman, aman dan masyarakatnya tangguh terhadap COVID-19. 

Selain berziarah, Wali Kota Pontianak juga menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat di sekitar lokasi Makam Batu Layang. 

Dalam kesempatan itu, Edi menambahkan untuk pengembangan lokasi tersebut saat ini sudah ada desain penataan kawasan itu. Terlebih kawasan Sungai Kapuas menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

"Dengan mempertahankan konsep pemakaman dan penataan turap di sepanjang water front, maka kawasan tersebut lebih rapi dan tertata. Kita akan melakukan penataan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ungkapnya.

Pemkot Pontianak, tahun ini meniadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pontianak ke-249 untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Di Hari Jadi Kota Pontianak yang jatuh pada 23 Oktober 2020, Pemkot Pontianak akan memperingatinya dengan menggelar upacara secara terbatas sesuai protokol kesehatan," kata Edi.

Peringatan Hari Jadi  Kota Pontianak tahun 2020 ini memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda.

"Kami akan lakukan secara sederhana, dirangkaikan dengan ziarah ke Makam Batu Layang, tahlilan dan upacara terbatas saja," kata Edi.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020