Dinas Kota Pontianak, Provinsi Kalbar, menyatakan hingga saat ini kota itu belum memerlukan pengadaan untuk membeli mobil tes usap COVID-19 metode reaksi rantai polimerase (PCR).

"Untuk wilayah Kota Pontianak hingga saat ini tidak perlu mobil PCR COVID-18, karena wilayahnya relatif mudah dan terjangkau semuanya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu di Pontianak, Jumat.

Apalagi Puskesmas yang ada di Kota Pontianak juga mampu melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya.

"Termasuk melayani masyarakat yang akan melakukan tes usap, sehingga mobil PCR COVID-19 belum diperlukan untuk di wilayah Pontianak," ungkapnya.

Apalagi, kebijakan dari pemerintah pusat untuk laboratorium sistemnya terpusat agar standar atau kualitasnya sama, sehingga Kota Pontianak tidak perlu membangun sendiri laboratorium tersebut, kata Sidiq.

"Sehingga untuk laboratorium tes usap cukup ditangani oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang selama ini sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa saat ini, untuk laboratorium tes usap COVID-19 dipusatkan di laboratorium Rumah Sakit Untan Pontianak, dalam menangani pandemi COVID-19 di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020