Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Abang Muhammad Nasir menyatakan pemerintah menjamin keamanan dan kesehatan masyarakat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

"Gunakan hak pilih jangan Golput dan jangan takut datang ke TPS, kami jamin keamanan dan kesehatan di TPS," kata Abang Muhammad Nasir, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Ia mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak di tengah pandemi COVID-19 telah dijamin pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada hingga pada masa pencoblosan.

Menurut dia, pemerintah telah komitmen dalam penyelenggaran Pilkada serentak untuk mensukseskan pesta demokrasi di tengah pandemi.

"Kami imbau masyarakat gunakan hak pilih, karena di TPS pun juga akan disiapkan protokol kesehatan sesuai aturan berlaku," kata Nasir.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu Ahmad Yani mengatakan penyelenggara Pemilu telah menyiapkan standar protokol kesehatan seperti menyiapkan tempat cuci tangan, masker dan sarung tangan sekali pakai untuk masyarakat pemilih.

"Jadi kami pastikan di TPS steril dari COVID-19, akan diatur juga waktu dan jaga jarak di ruang tunggu pada TPS, saat mencoblos pun pemilih menggunakan sarung tangan," kata Yani.

Untuk itu, Yani mengajak seluruh masyarakat pemilih di Kapuas Hulu untuk menggunakan hak pilihnya di TPS tanpa ada keraguan lagi terkait pandemi COVID-19.

"Mari gunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 mendatang datang ke TPS dan coblos sesuai pilihan, jangan golput, satu suara menentukan kemenangan untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas untuk Kapuas Hulu," kata Yani.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020