Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mengatakan bahwa saat ini perusahaan perkebunan di Kalbar mempercepat pelaksanaan pemeliharaan jalan sebagai bentuk andil dalam mendukung pemerintah menghadirkan jalan layak jalan bagi masyarakat.

“Sejak tahun kemarin dan hingga kini terus berlanjut upaya pembangunan jalan provinsi dan lainnya dari perusahaan perkebunan sawit di Kalbar sebagai andil mendukung pemerintah untuk menghadirkan akses jalan untuk semua pihak,” ujar Heronimus Hero di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya dukungan dari berbagai perusahaan perkebunan akan berdampak pada kelancaran aktivitas masyarakat dan usaha perkebunan itu sendiri.

“Saat acara di Mercure Hotel Pontianak kemarin Gubernur Kalbar menyatakan terima kasih atas peran korporasi perkebunan dalam mendukung pemeliharaan jalan. Selain mendukung aktivitas masyarakat tersebut juga  sekaligus mendukung pemerintah dalam menyediakan infrastruktur yang lebih baik bagi masyarakat,” kata dia.

Ia mencontohkan dari laporan perkembangan jalan yang telah  dikerjakan perusahaan sawit  di antaranya dari  PT.Kalimantan Sanggar Pusaka. Pada periode Desember 2020 - Januari 2021 perusahaan tersebut sudah mengerjakan  Jalan poros Pemda SP 2 ke SP  4 Belitang,  Jalan poros  Pemda dari SP 2 ke SP 1 Belitang dan Jalan poros dari Desa Maboh Permai ke Dusun Mangeris/ Dusun Planjau dan Dusun Kiarak Belitang Hilir.

Kemudian dari PT. Parna Agro Mas, perbaikan jalan TP Pulau SP2 dan PT. Grand Utama Mandiri  Jalan Pemda Balai sepuak- Lumpang Ilong .

“Kemudian beberapa  perusahaan di Kabupaten Ketapang  yang dikoordinir oleh PT Cargill sejumlah ruas jalan sudah ada dikerjakan dan sebagian lainnya dilakukan karena saat ini ada terkendala kondisi hujan,” kata dia.

Sebelumnya, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Kalbar mendukung pemerintah provinsi dalam percepatan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur khususnya jalan provinsi di daerah yang melibatkan perusahaan kelapa sawit.

“Pada prinsipnya kita sangat dan akan mendukung penuh kolaborasi percepatan pembangunan infrastruktur melalui peningkatan dan pemeliharaan jalan provinsi di daerah dalam rangka bersama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kalbar melalui percepatan pembangunan infrastruktur," ujar Ketua GAPKI Cabang Kalbar, Purwati Munawir.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021