Bupati Kayong Utara Kalimantan Barat Citra Duani menyatakan menyambut baik peresmian Operasionalisasi Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kayong Utara untuk menjalankan misi kemanusiaan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan penuh tanggung jawab.

"Dengan hadirnya Basarnas Kayong Utara tentunya diharapkan dapat menunjang segala aktifitas pos SAR dalam penyelamatan dan pertolongan serta membantu mempercepat dalam menjangkau wilayah terjadinya suatu kecelakaan atau bencana di Kabupaten Kayong Utara," kata Citra Duani saat meresmikan Basarnas Kayong Utara, di Kayong Utara, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Citra mengapresiasi semua petugas yang mengemban misi-misi yang amat penting yang berkaitan dengan nyawa dan juga keselamatan manusia di Kayong Utara.

Menurut dia, salah satu tugas Basarnas yaitu memberikan pertolongan terutama yang mengalami musibah bencana dan insiden-insiden kecelakaan, seperti bencana tsunami, letusan gunung berapi, gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan sejumlah bencana alam lainnya maupun ketika terjadi musibah kecelakaan, baik kecelakaan penerbangan maupun kecelakaan di laut.

"Basarnas membawa  kebaikan terutama dalam kepentingan penyelamatan dan kemanusiaan tidak hanya di Indonesia namun juga biasa mendapatkan misi kemanusiaan di luar negeri," ucap Citra.

Dikatakan Citra, tugas dan pekerjaan Basarnas adalah tugas dan pekerjaan yang berat, penuh resiko, diperlukan keberanian, dan juga keterampilan yang tinggi.

" Saudara semua mesti bangga menjadi anggota Basarnas. Ingat, tidak setiap orang mampu mengemban tugas-tugas SAR di negeri tercinta ini," kata dia.

Ia mengatakan bahwa Kayong Utara merupakan daerah yang kaya dengan sumber daya alam, namun sering mengalami terjadinya bencana. Untuk itu, kita harus siap, kita harus mampu hidup di daerah yang di satu sisi dikaruniai sumber daya alam yang tidak sedikit.

Tetapi, di sisi lain karena bentuk geografis kita memang daerah kita rawan bencana. Oleh karena itu, kita harus siap siaga mulai dari jajaran Pemerintah Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, jajaran TNI dan Polri, serta organisasi atau lembaga-lembaga terkait.

"Tentunya yang tidak kalah penting adalah saudara semua prajurit-prajurit Basarnas yang akan tetap dan makin berperan," kata Citra.***3***

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius/Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021