Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Kamis, meluncurkan aplikasi aduan E-Complaint On 7 guna memudahkan masyarakat di provinsi itu dalam membuat aduan kepada pihak kepolisian atau Polda Kalbar.

"Kini masyarakat bisa membuat pengaduan cukup melalui handphone, yakni masyarakat bisa mengunduh aplikasi E-Complaint On 7 Polda Kalbar tersebut di Play Store," kata Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto di Pontianak.

Dia menjelaskan, aplikasi ini (E-Complaint On 7) dibangun melatarbelakangi banyaknya pelayanan pengaduan masyarakat atau komplain masyarakat kepada inspektorat pengawasan Daerah (Itwasda Polda Kalbar) dan tuntutan akan kemudahan pelayanan dan kecepatan akses, efisiensi waktu, biaya, tenaga serta tuntutan Polri di era digital maka Polda Kalbar meluncurkan aplikasi Complaint On 7, yakni cepat lapor, cepat respons.

"E-Complaint On 7 ini adalah sarana Polda Kalbar untuk menerima saluran kritik dari masyarakat sebagai saran yang konstruktif terhadap pelayanan dan kinerja personel Polda Kalbar," katanya.

Aplikasi E-Complaint On 7 ini memiliki beberapa fitur yang harus diisi oleh masyarakat untuk menghindari pelaporan palsu, yakni salah satunya harus menginput identitas pelapor.

Dia menambahkan, bahwa pelayanan melalui E-Complaint On 7 ini menjamin kecepatan respons yang akan ditindaklanjuti dalam waktu tujuh hari pengaduan sudah mendapatkan respons dari Polda Kalbar.

Sebagai informasi, sosialisasi E-Complaint On 7 ini dikaji langsung melalui diskusi panel yang dihadiri dari berbagai unsur fungsi pengawas internal dan eksternal yang menghadirkan narasumber dari Irwil V Itwasum Polri Brigjen (Pol) Hotma Simatupang, Sekretaris Kompolnas Benny Jozua Mamoto, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalbar Angeline Fremalco, kepala Komnas HAM Perwakilan Kalbar, Nely Yusnita, Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombusman RI Perwakilan Kalbar, Tariyah, Wakapolda Kalbar Brigjen (Pol) Asep Safrudin, Irwasda Polda Kalbar Kombes (Pol) Arif Rahman Hakim, pejabat utama Polda Kalbar dan Kapolres dan Kapolresta Jajaran Polda Kalbar.

Kemudian acara diakhiri dengan kegiatan pelatihan aplikasi pengaduan masyarakat E-Complain On 7 Polda Kalbar kepada personel Polda Kalbar yang mengawakinya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021