Tak hanya masyarakat biasa yang menyambut hangat dilaksanakannya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 oleh Kodim 1206/Putussibau, sambutan hangat juga nampak diberikan oleh para pelajar tingkat SMA/sederajat yang ada di  sekitar Desa Hulu Pangkadan

Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD Reguler ke-110 tahun 2021.

"Dalam pelaksanaan TMMD ini jalan di desa kami di bangun oleh bapak-bapak TNI. Sehingga jalan kami yang tadinya banyaknya rusak bisa mulus saat kami lalui ketika menuju ke sekolahan kami," kata Pretty salah satu pelajar SMA yang tinggal di Desa Hulu Pangkadan, Kamis.

Baca juga: Nurhayati menilai banyak keuntungan berkat kegiatan TMMD ke-110 Kodim 1206/PSB

Menurut Dansatgas TMMD Reguler ke-110 Kodim 1206/Putuasibau Letkol Inf Jimi Oktis Oil. S.IP mengatakan, senyum tergambar dari anak remaja itu saat melihat TMMD berlangsung. Betapa tidak, kini mereka bisa melalui akses jalan mulus tanpa harus berbaris seperti tentara yang pulang dari medan perang.

"Iya, para remaja yang bersekolah di SMA 1 Pengkadan, itu setiap hari harus melintasi jalan setapak untuk menuju sekolah tempat mereka menimba ilmu. Medannya pun cukup sulit, terjal turun naik. Kondisi itu membuat mereka harus berburu dengan waktu agar tak telat tiba di sekolah," kata Dansatgas TMMD Reguler ke-110 itu.

Dikatakanya, yang membuat sedih, jalan setapak itu belum dilapisi apapun. Jika hujan turun, otomatis sepatu yang mereka kenakan akan kotor, tebal dilapisi tanah. Kini hal itu tak akan terjadi lagi. Sebab, jalan setapak itu sudah disulap oleh Kodim 1206/PSB.

Baca juga: Bupati Landak buka kegiatan TMMD ke-110

Melalui program TMMD Reguler ke-110 ujarnya, jalan tersebut akan dibangun dan diperlebar serta diaspal. Sehingga pada waktunya, ketika pemerintah telah mempersilakan mereka kembali ke sekolah setelah COVID-19 punah, anak-anak kita ini dapat dengan mudah mengunakan jalan tersebut dengan wajah semringah. Untuk itu Infrastruktur menuju sekolah akan dibangun sangat bagus. Tak ada lagi kata telat dan sepatu kotor terkena lumpur.

“Tadinya anak-anak untuk berangkat ke sekolah melalui jalan setapak. Dengan dibukanya jalan ini tentu dapat lebih mempermudah menuju sekolah. Tidak hanya itu jalan ini juga diharapkan dapat mempermudah para petani untuk meningkatkan hasil pertanian mereka,” tutup Dandim 1206/PSB.

Baca juga: Kodam XII/Tpr gulirkan program TMMD ke-110 serentak
Baca juga: TMMD ke-110 di Kapuas Hulu resmi dibuka TNI bangun jalan di Pengkadan
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021