Polresta Pontianak menurunkan sebanyak 742 personel untuk pengamanan bagi umat Nasrani menjalankan ibadah atau perayaan Paskah pada gereja-gereja di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

"Fokus kami ini pada pengamanan gereja dalam memberikan pengamanan bagi umat Nasrani yang merayakan Paskah," kata Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Leo Joko Triwibowo di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa pengamanan tersebut mulai dilaksanakan pada Kamis dan berakhir hingga Minggu (4/4).

Ia juga menyebutkan, bahwa para personel akan bersiaga secara fleksibel dan melakukan penyisiran di gereja yang diamankan dalam memberikan rasa aman pada umat Nasrani yang menjalankan ibadah.

"Untuk siaga lokasi akan berjalan fleksibel seperti di gereja besar akan ditempatkan lima hingga tujuh personel, dan gereja sedang tiga hingga empat personel. Lalu anggota Brimob juga akan melaksanakan penyisiran atau sterilisasi di Gereja-gereja tempat pelaksanaan ibadah Paskah," katanya.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menurunkan sebanyak 1.300 personel dan kendaraan taktis guna membantu Polres jajaran dalam pengamanan rangkaian ibadah hari Raya Paskah.

"Kami juga akan melaksanakan patroli dan penjagaan di sebanyak 2.577 gereja yang tersebar di wilayah Kalbar," kata Kabidhumas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go.

Dia mengatakan menjelang perayaan Paskah Polda Kalbar berkerja sama dengan TNI dan seluruh stakeholder berupaya semaksimal mungkin dalam pengamanan jelang Perayaan Paskah di Kalbar.

Selain itu, Polda Kalbar juga melaksanakan rapat koordinasi bersama Forkopimda di tingkat kabupaten/kota dengan menghadirkan tokoh masyarakat, terutama tokoh agama.

 

Pewarta: Andilala dan Rahma

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021