Anggota Komisi IV dan Badan Anggaran DPR RI Kalbar Maria Lestari mendukung pengembangan sub sektor pertanian dan satu di antaranya datang dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar dengan menghadirkan Varietas Unggul Baru (VUB).

"Saya bersama BPTP mendukung percepatan taman pangan dalam kegiatan sektor pertanian di Kalbar dengan anggaran yang cukup besar berikut bibit di daerah Landak dan Sambas," ujar Maria Lestari saat meninjau panen padi VUB di IP2TP Sungai Kakap, di Pontianak, Sabtu.

Selain  akan merealisasikan bantuan untuk beberapa bulan ke depan, Mira juga akan melihat langsung lokasi lahan yang akan diolah.
 
"Kami akan salurkan bantuan sekitar April-Mei 2021. Untuk di daerah Landak itu dari Sungai Temilak, lahan yang akan diolah seluas 8-10 hektare. Begitu pula dengan di Sambas," katanya.

Untuk itu, perlu kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam mengolah potensi alam yang ada di Kalbar.

"Melihat potensi sektor pangan yang luas dan sumber alam yang berkualitas, perlu kerja sama yang baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam mengolah dan memanfaatkan potensi alam yang ada di Kalbar dengan baik," kata dia.

Selainp sektor padi, pangan lokal juga harus dikuatkan dan diunggulkan seperti jahe, porang dan padi nutrizinc, 

"Koordinasi yang baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten ditambah anggaran yang cukup, Kalbar diyakini  tidak akan kekurangan pangan," ujarnya.

Pewarta: Dedi/ Sucia Lucia

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021