Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengarahkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melaksanakan peran penting sebagai garda penanganan COVID-19 di sekolah, sebagai bagian dari peningkatan pembangunan sektor pendidikan, termasuk aspek kesehatan di institusi pendidikan formal itu.

"Peningkatan sarana pendidikan di Kubu Raya menjadi salah satu komitmen saya dan Bapak Bupati untuk meningkatkan SDM yang ada di Kubu Raya. Untuk itu, selama kami menjabat, kita akan memaksimalkan peningkatan sektor ini, agar ke depan anak-anak kita bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan semakin baik," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan untuk tetap menjaga kesehatan anak-anak, Dinas Pendidikan Kubu Raya, Kalimantan Barat telah mengintensifkan keberadaan UKS di setiap jenjang pendidikan.

"Saya rasa ini sangat penting karena sekolah melalui UKS juga memiliki peranan strategis untuk memberikan pemahaman kesehatan kepada anak-anak sejak dini. Dengan situasi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, keberadaan UKS jelas menjadi sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada anak dan sebagai langkah awal mendeteksi penularan di lingkungan sekolah," tuturnya.

Dia mengatakan meskipun saat ini kegiatan pembelajaran masih dilakukan di rumah, kesiapan UKS dalam partisipasi penanganan COVID-19 di lingkungan sekolah jelas memungkinkan.

Dia menjelaskan UKS bagian penting dari suatu lembaga pendidikan di sekolah-sekolah, terlebih saat ini masih berada dalam situasi pandemi COVID-19.

"Untuk itu, kita minta kepada setiap sekolah bisa mempersiapkan ini, agar ketika sudah melakukan kegiatan belajar tatap muka, keberadaan UKS bisa bermanfaat," katanya.

Baca juga: Wakil Bupati Kubu Raya apresiasi kebijakan tes usap santri
Baca juga: Sujiwo dorong GMNI terus berkontribusi untuk membela kepentingan rakyat
Baca juga: Sujiwo ajak warga Kubu Raya lindungi diri dengan vaksin COVID-19

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021