Sebanyak 14 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan yang ada di Kalimantan Barat mengusulkan Ketua DPD PDI Perjuangan Lasarus maju dalam Pemilu Gubernur Kalimantan Barat tahun 2024 mendatang. 

"Dari 14 DPC yang ada di Kalbar, tidak ada yang menolak untuk mengusung pak Lazarus untuk maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang. Usulan ini juga akan disampaikan seluruh DPC di Kalbar pada saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI P, akhir Juni nanti," kata Ketua DPC PDI P Kota Pontianak, Satarudin, usai mengikuti kegiatan Raker DPD PDI Perjuangan Kalbar, di Pontianak, Minggu.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Landak, Herculanus Heriadi dan Ketua DPC PDI P Kubu Raya, Agus Sudarmansyah, juga melontarkan pernyataan yang mendukung Lasarus untuk maju di Pilgub Kalbar 2024. Keduanya kompak menyebut Lasarus sebagai kader terbaik PDI Perjuangan dan sudah banyak berbuat untuk kemajuan Kalimantan Barat.

"Yang jelas, kami dari 14 kabupaten, kota mendukung Pak Lasarus menjadi Cagub Kalbar 2024. Beliau kader terbaik partai dan jasanya sudah terlampau banyak untuk Kalimantan Barat ini," tuturnya.

Menurutnya, untuk wilayah Kalbar dan dengan melihat prestasi, kinerja, kemampuan, dan kapasitas Bapak Lasarus, sejauh ini beliau telah berbuat banyak untuk Kalbar. 

"Kami melihat beliau salah satu putra terbaik di Kalbar. Maka, kami sepakat di Rakercab ini, Pak Lasarus satu-satunya kader terbaik untuk diusung menjadi Calon Gubernur Kalimantan Barat," kata Heriadi.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar itu mengaku siap jika diminta untuk maju sebagai calon gubernur. Sebagai kader yang taat akan perintah partai, Ia menyatakan siap maju jika DPP partai telah memutuskan. 

"Jujur saya tidak pernah sampaikan kepada mereka (DPC), tapi teman-teman sudah menyuarakan hari ini dan tentu sebagai kader, tidak ada cerita kita tidak siap. Kalau partai menugaskan, kemudian rakyat menghendaki, saya harus siap dan apa pun yang terjadi," kata Lazarus.

Kendati secara tegas menyatakan kesiapan maju, Lasarus menegaskan bahwa dirinya tidak ingin mendahului keputusan partai. Sebab keputusan mengusung calon kepala daerah bukanlah kewenangan dia melainkan DPP partai. 

Lasarus menambahkan, usulan yang disampaikan oleh seluruh DPC ini akan dibahasnya secara mendalam bersama pengurus partai. Ia juga tidak ingin terburu-buru melangkah lebih jauh terkait Pilkada, karena merasa perlu menghitung secara cermat dan menerima masukan dari banyak pihak. 

"Kita mengalir dulu, ya. Tentu terkait ini kan menyangkut pribadi saya. Saya tentu menimbang, menghitunglah secara cermat dari sisi peluang dan seterusnya. Tapi, ini akan didiskusikan secara dalam terlebih dahulu di internal kami. Saya harus mendengar banyak masukan dari berbagai pihak. Kemudian, siapa-siapa saja yang sudah pasti maju juga jadi bahan hitungan kita. Terkait dengan Pilgub ini masih sangat dinamis sekali," ungkapnya. 
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021