Pelaku industri perhotelan di Kalbar ikut gencar melakukan vaksinasi terhadap karyawannya dan hal itu sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengendalikan dan memutus wabah COVID-19 sehingga diharapkan terjadi percepatan pemulihan ekonomi.

"Kami mendukung program vaksinasi COVID-19 baik berpartisipasi dengan digelarnya oleh pemerintah daerah seperti Disporapar Kalbar dan Dinkes Kalbar beberapa waktu lalu maupun yang dilakukan masing - masing hotel anggota kami. Dengan vaksinasi maka harapan kami ekonomi pulih," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar, Yuliardi Qamal di Pontianak, Rabu.

Pihaknya dari sektor perhotelan terus berkomitmen mendukung program vaksinasi COVID-19 dan penerapan protokol kesehatan yang telah diatur pemerintah.

"Sektor  ekonomi dan lainnya terdampak karena krisis kesehatan dampak wabah COVID-19 ini. Untuk semua bangkit termasuk sektor pariwisata yang di dalamnya ada kami, maka semua pihak harus bergerak untuk mengatasi dan menekan wabah ini. Semoga dengan bersama kita bisa melewatinya," harap dia.

Sementara itu, sebagai salah satu upaya untuk memberikan layanan yang aman dan nyaman di area hotel pada masa pandemi ini, seluruh karyawan ASTON Pontianak yang berjumlah 147 orang telah menerima vaksin COVID-19 mulai 25 Juni 2021 lalu. Dengan aksi ini, ASTON Pontianak telah membuktikan komitmennya untuk turut mendukung program pemerintah demi mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia demi meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk dapat kembali menggunakan jasa sektor pariwisata.

Hotel berbintang empat yang bertaraf internasional ini telah mendaftarkan seluruh karyawannya untuk program vaksinasi sejak Maret 2021 lalu dan melakukan berbagai upaya untuk mempercepat proses pemberian vaksin tersebut. 

Program vaksinasi pun terbagi menjadi 3 gelombang, yaitu pertama kali pada Maret 2021 melalui PHRI Kalbar dan Disporapar kalbar, kemudian gelombang kedua di awal Juni 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan Perhimpunan Tionghoa, lalu gelombang ketiga yang dilaksanakan pada 23 dan 24 Juni 2021 atas kerjasama dengan GAPKI dan KODAM XII/TPR.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pihak yang telah menyelenggarakan vaksinasi dan mengapresiasi adanya program percepatan vaksin di Kota Pontianak. Kami berharap vaksin ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk mengurangi potensi tertular virus Covid-19 sehingga kami bisa memberikan pelayanan terbaik dan menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman kepada para tamu. Setelah proses vaksinasi tersebut, kami akan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti sedia kala sesuai aturan yang berlaku, baik di lingkungan kerja maupun di rumah.” ujar Anto W. Soemartono, General Manager ASTON Pontianak.

Selain itu, ASTON Pontianak juga telah menerima sertifikasi Safe Travels dari World Travel & Tourism Council (WTCC) dan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan hasil yang memuaskan. Hal ini membuktikan bahwa ASTON Pontianak selalu berkomitmen dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan tamu. 

"Hingga saat ini, ASTON Pontianak senantiasa menerapkan protokol kesehatan baik untuk karyawan maupun tamu seperti pengecekan suhu dengan memasang heat detector gate, wajib memakai masker, menjaga jarak, dan menyediakan hand sanitizer di beberapa area publik," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021