Ratusan masyarakat maritim di Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalbar, mendpaat serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI AL dari Lantamal XII Pontianak bekerja sama dengan pemerintah setempat.

"Serbuan vaksinasi TNI AL terhadap masyarakat maritim itu kami lakukan di Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Pemangkat, atau yang kedua kalinya, yakni yang pertama digelar 2 Juli 2021," kata Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI Marinir Andi Rukman saat memimpin langsung serbuan vaksinasi di Sambas, Kamis.

Dijelaskanya, pada serbuan vaksin kali ini Lantamal XII Pontianak menerjunkan dua tim vaksinator yang terdiri dari 10 tenaga kesehatan, dibantu dua tim vaksinator dari Puskesmas Pemangkat dengan 16 tenaga kesehatan dan satu tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas sebanyak tujuh orang tenaga kesehatan.

Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pamangkat ditargetkan untuk masyarakat maritim Pemangkat dan sekitarnya, yang sudah waktunya menerima vaksin dosis ke dua, akan tetapi masih menyelenggarakan bagi masyarakat maritim yang belum menerima vaksin dosis pertama.

"Kami menyiapkan sebanyak 79 vial jenis Vaksin Sinovac, untuk 590 dosis kedua dan 200 dosis pertama, total sebanyak 790 dosis. Masyarakat maritim yang menerima vaksin sebanyak 710 orang, sehingga menghabiskan vaksin sebanyak 71 vial," katanya.

Menurut dia, serbuan vaksin terhadap masyarakat maritim di Kabupaten Sambas merupakan wujud sinergi antara TNI AL dalam hal ini Lantamal XII dengan Pemkab Sambas dan instansi lainnya, diharapkan serbuan vaksin yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada masyarakat sehingga dapat terhindar dari penyebaran COVID-19.

Dalam kunjungan yang dilakukan, Danlantamal XII juga menyampaikan bahwa serbuan vaksin untuk masyarakat maritim yang dilakukan di wilayah kerja Lantamal XII Pontianak merupakan implementasi arahan dari pimpinan TNI AL, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran dalam menyukseskan program pemerintah, guna mencegah penyebaran virus corona, meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat Indonesia, dengan melaksanakan serbuan vaksin COVID-19 sesuai dengan target pemerintah satu juta vaksin per hari.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sambas beserta Forkopimda Kabupaten Sambas, wakil ketua DPRD Kota Pontianak, Kepala kantor PPN Pemangkat, para tokoh masyarakat, tokoh agama. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore hari.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021