Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60, Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Kalbar menggelar bakti sosial donor darah bekerja sama dengan pengurus PMI Kalbar, yang menargetkan terhimpun sebanyak 100 hingga 150 kantong darah.

"Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bakti sosial dari kami dalam memperingati Hari Pramuka ke-60," kata Wakil Ketua Kwarda Pramuka Kalbar, Syarifah Salbiah di Pontianak, Sabtu.

Salbiah mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan itu juga mengacu arahan dari Kwartir Nasonal di mana isunya bagaimana menangani pandemi COVID-19 secara cepat.

"Pada momen Hari Pramuka ke-60 ini Kwarda Kalbar mengajak para anggota Pramuka dewasa yang berumur di atas 17 tahun untuk ikut mendonorkan darahnya," kata Salbiah.

Selain itu, menurut dia, panitia baksos donor darah juga mengajak anggota Polri khususnya anggota Brimob Polda Kalbar, Satnarkoba, Polresta Pontianak dan Polres Kubu Raya untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah itu.

Ia menambahkan, selain kegiatan donor darah, pada Hari Pramuka tahun ini Kwarda Kalbar juga mengadakan berbagai kegiatan sosial lainya seperti memberikan paket sembako kepada warga yang memang sangat memerlukan karena terdampak pandemi COVID-19.

Sementara itu, Pengurus PMI Kota Pontianak, Alik Rosyad mengatakan, PMI Kota Pontianak sangat mengapresiasi sekali kegiatan donor darah yang diinisiasi oleh Pramuka Kwarda Kalbar.

"Saya mewakili pengurus PMI Kota Pontianak mengucapkan terima kasih telah terselenggaranya kegiatan donor darah yang dilakukan Kwarda Pramuka Kalbar beserta jajaran dan pihak-pihak terkait lainnya," katanya.

Tentu, ujar Alik, kegiatan donor darah seperti ini sudah seharusnya terus digalakkan karena mengingat kebutuhan darah memang sangat diperlukan sekali, dalam menolong warga yang setiap saat membutuhkannya.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021